Wajib Dilakukan Orang Tua, Lima Cara Membiasakan Shalat Pada Anak

 

HAJIUMRAHNEWS.COM - Agama merupakan sistem kepercayaan yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan dan kaidah-kaidah yang menjadi pedoman hidup bagi manusia di dunia.

Memberikan pendidikan agama adalah suatu kewajiban bagi orang tua muslim terutama mengajarkan pada anak untuk melakukukan ibadah shalat sejak dini.

Hal itu sesuai anjuran Rasulullah SAW dalam sebuah sabdanya yang artinya :


“Rasulullah SAW bersabda: “Perintahkan anak-anakmu melaksanakan shalat sedang mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka karena tinggal sholat sedang mereka berusia 10 tahun dan pisahkan antara mereka di tempat tidurnya.”.

Berikut tips untuk membiasakan anak shalat sejak dini seperti yang dirangkum dari situs Dalam Islam berikut ini:

1. Orang tua memberi contoh disiplin saat shalat
Sebagai role model yang pertama kali dilihat oleh anak, orang tua harus mencontohkan kedisiplinannya dalam menjalankan ibadah, jika orang tuanya saja malas beribadah, maka jangan berharap anak akan bisa mengikuti hal-hal yang diwajibkan.


Sebagai contoh shalatlah segera ketika azan tiba, tidak menunda dan biarkan anak melihat dengan sendirinya kebiasaan orang tuanya itu secara terus menerus sehingga timbul rasa penasaran dan minat untuk mengikuti orang tuanya.

2. Mengajarkan arti pentingnya shalat
Beri tahu kepada anak bahwa shalat adalah tiang agama. Maka tanpa tiang agama hidup akan runtuh. Shalat juga kewajiban manusia sebagai hamba Allah dan jika melalaikannya Allah akan melaknat orang tersebut. Sebaliknya jika kewajiban salat dipenuhi maka surga bisa menjadi salah satu balasannya.

3. Mulai perlahan mengajak anak shalat
Ajaklak anak anda shalat secara perlahan ketika anda ingin melaksanakan shalat. Biarkan anak meniru gerakannya terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa mulailah ajarkan bacaan dan niat shalat serta surat-surat pendek.

4. Menerapkan hukuman
Jika anak sudah berusia diatas 7 tahun namun tetap tidak mau shalat walau sudah diajari dan selalu diberitahu, maka berilah ia hukuman yang sepadan, namun perlu diingat agar memberikan hukuman yang bijaksana hingga tidak sampai melukai fisiknya.

5. Mengajak anak shalat berjamaah di masjid
Melihat banyaknya orang yang shalat berjamaah diharapkan menimbulkan minat dan ketertarikan anak untuk shalat, selain itu terkadang di masjid juga banyak anak-anak yang ikut shalat yang bisa menjadi pemicu anak untuk bersemangat melaksanakan shalat. Anak anda juga bisa belajar tentang peran imam dan makmum.