Catat! Lima Cara Ini Bisa Melindungi Diri dari Polusi Udara

 

HAJIUMRAHNEWS.COM – Polusi udara yang buruk akhir-akhir ini membuat masyarakat merasa resah, khususnya warga Jabodetabek.

Dalam menghadapi kondisi ini, penting bagi kita untuk mengambil tindakan pencegahan guna melindungi diri dan orang-orang di sekitar.

Berikut ini lima cara melindungi diri dari penyakit karena polusi udara yang bisa kita lakukan mulai dari diri dan lingkungan sekitar, simak selengkapnya.

1. Gunakan Masker
Cara agar terhindar dari polusi udara yang pertama adalah menggunakan masker. Ini merupakan hal paling dasar yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari udara tidak sehat. Anda dapat memakai masker kain dengan 3 lapis kain yang dilengkapi oleh filter. Selain melindungi diri dari polusi udara, penggunaan masker juga dapat meminimalkan terjadinya penularan virus.

2. Jangan Keluar saat Rush Hour
Bila kamu akan bepergian atau keluar rumah, usahakan untuk memilih waktu yang senggang dan sedang tidak dipadati oleh banyak orang, terutama kendaraan. Tingkat polusi udara tertinggi biasanya ada di pagi dan sore hari.

3. Jaga Kesehatan Tubuh
Cara agar terhindar dari polusi udara supaya tubuh tak mudah sakit, tentu dengan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap dalam kondisi prima. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

4. Stop Merokok
Tak hanya di tempat terbuka, polusi udara juga bisa ada di dalam ruangan. Konon, penyumbang terbesar dalam hal ini adalah kebiasaan merokok. Jika kamu dan orang-orang di sekitarmu terbiasa merokok di dalam rumah, maka jangan heran bila kualitas udara di rumah menjadi buruk. Hal ini juga bisa memicu penyakit pernapasan pada seluruh anggota keluarga.

5. Segera Mandi setelah Keluar Rumah
Lindungi kulitmu dari polusi udara dan partikel debu yang menempel pada pakaian, kulit, atau rambut dengan cara sederhana. Cara yang bisa dilakukan adalah segera mandi setelah kamu menghabiskan waktu di luar rumah. Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya sebelum keluar rumah.