Masyaallah! Tiga Amalan di Bulan Safar Miliki Pahala Besar, Doa Masuk Pasar Amalnya Tak Terhingga

 

HAJIUMRAHNEWS.COM – Saat ini umat Islam telah memasuki Safar 1445 H, bulan kedua di tahun Hijriyah. Berikut ini amalan di bulan Safar yang pahalanya dilipatgandakan.

Dilansir dari NU Online, setidaknya ada tiga amalan yang dilipatgandakan, yaitu (1) amal kebaikan yang pahalanya 10 kali lipat; (2) amal kebaikan yang pahalanya 700 kali lipat; dan (3) amal kebaikan yang pahalanya sangat banyak lebih dari 700 kali lipat.

1. Pertama, amal kebaikan yang nilai pahalanya mencapai 10 kali lipat. Imam an-Nawawi menyampaikan, setiap kebaikan itu pasti pahalanya dilipatgandakan sampai 10 kali lipat atas dasar rahmat Allah SWT. Maka amal kebaikan apapun pahalanya otomatis 10 kali lipatnya. Ini seiring dengan firman Allah SWT QS Al-An’am ayat 16.

Kedua, amal kebaikan yang pahalanya 700 kali lipat, di antaranya sebagai berikut.

2. Donasi untuk perjuangan jihad fi sabilillah

Hal ini sebagaimana disabdakan langsung Nabi Muhammad SAW, “Siapa saja yang mengirim donasi infak untuk perjuangan jihad fi sabilillah sementara ia sendiri hanya diam di rumah (tidak ikut berangkat berjuang), maka baginya setiap donasi satu dirham mendapatkan pahala 700 dirham.” (Hadits riwayat Ibnu Majah dan Al-Mundziri).


Amal apa saja sesuai dengan tingkat keikhlasan, kekhusyukan, kemanfaatan bagi orang lain dan semisalnya


Hal ini sesuai dengan penjelasan Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani dalam kitabnya Fathul Bari, juz II halaman 326 dan sabda Nabi Muhammad saw, “Setiap amal manusia dilipatgandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat.” (Hadits riwayat Imam Muslim).


3. Ketiga, amal kebaikan yang pahalanya mencapai lebih dari 700 kali lipat bahkan tak terhingga. Di antara amalan itu adalah membaca dzikir masuk pasar. Dalam konteks sekarang masuk mall, dan semisalnya. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad saw