Segera Biasakan! Adab Tidur dalam Islam, Bisa Miskin Jika Melalaikanya Menurut Buya Yahya

 

HAJIUMRAHNEWS.COM – Dalam agama Islam semua aktivitas yang dilakukan sudah ditetapkan adab dan caranya tersendiri, salah satunya ketika ingin tidur.

Pendakwah, Buya Yahya menjelaskan bahwa salah satu adab yang tidak boleh dilakukan adalah tidur dengan tanpa busana.

Buya Yahya mengatakan, tidur dengan kondisi tubuh telanjang merupakan hal yang buruk dalam Islam bahkan melakukanya bisa menjadi penyebab seseorang menjadi miskin.

"Tidur dalam keadaan telanjang tanpa menggunakan sehelai kain pun bisa menjadi penyebab kekafiran atau bisa membuat orang menjadi miskin," kata Buya Yahya dalam ceramahnya di Al Bahjah TV, dikutip Senin (21/8/2023).

Mengutip buku Kelompok Tanya Jawab Keagamaan karya Pustaka Sunni Salafiyah, tidur tanpa busana dapat digolongkan sebagai hal yang dapat menyebabkan kemiskinan. Dari Ibnu Abbas ra, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah melarang kamu telanjang, maka malulah malaikat Allah yang selalu bersamamu, malaikat al-kiraam al-kaatibiin yang tidak berpisah darimu kecuali dalam tiga kondisi, buang air besar, janabat dan mandi." (HR. Al-Bazzaar).

Pendapat serupa diungkapkan Ustadz Dzulqarnain dalam kanal YouTube pribadinya. Beliau mengatakan, seorang muslim yang tidur tanpa busana, tetapi memakai secarik kain seperti selimut, itu tidak masalah.

"Jika seorang muslim tidur tanpa sehelai kain pun, hal itu tidak dilarang dalam Islam. Namun, itu bukanlah sesuatu yang afdal," kata Ustadz Dzulqarnain.

Sebagaimana disebutkan dalam riwayat Amr bin Shuaib dari ayahnya dari kakeknya Abdullah bin Amr bin Ash, Nabi SAW bersabda:

الله أحق أن يستحيا منه من الناس

"Sesungguhnya Allah SWT lebih berhak membuat seseorang merasa malu daripada membuat orang merasa malu."