Yuk Nikmati Hidup! Lakukan Lima Cara Ini Agar Makin Bahagia

 

HAJIUMRAHNEWS.COM – Ketika masalah demi masalah datang silih berganti dalam hidup, rasanya begitu kewalahan banget.

Deraan problen terkadang membuat hidup seolah begitu berat, sampai kadang membuat lupa cara menikmati hidup.

Selama hidup, wajar sebenarnya jika masalah selalu ada. Akan tetapi, di tengah lautan gelombang permasalahan yang seolah tanpa ujung itu, selalu ada cara-cara menikmati hidup dengan santai.

Untuk yang ingin menikmati hidup saat ini, cara-cara mudah dan sederhana berikut bisa membantu membuat hidupmu lebih tenang dan bermakna.

1. Izinkan Dirimu Melakukan Hal yang Kamu Sukai
Good food and good wine can make us really happy. The same can be said for a walk outdoors, music, or good sex. Enjoyment is of course linked to personal preferences. Denying yourself enjoyment, however, is not an acceptable solution. Please allow yourself to enjoy life as often as you can." (The Child in You, pg. 232).

Kutipan dari buku The Child in You di atas memberi gambaran bahwa untuk bahagia pada dasarnya kita perlu mengizinkan diri untuk menikmati hal-hal yang kita sukai. Tak harus mengikuti cara orang lain. Selama ada hal yang bisa kita lakukan dan membuat hati kita bahagia, maka lakukan saja dengan rasa nyaman.

2. Luangkan Waktu Melakukan Sesuatu Secara Mandiri
Kebahagiaanmu adalah tanggung jawabmu. Tak usah menunggu orang lain untuk membuatmu terdorong atau termotivasi melakukan sesuatu. Luangkan waktu dan jadwal khusus untuk melakukan sesuatu secara mandiri. Beranikan diri untuk melakukan sesuatu tanpa harus selalu bergantung pada orang lain.

3. Menekuni Sesuatu yang Memberi Kepuasan Batin
Ada bidang atau minat yang menarik perhatianmu dan membuatmu merasa bergairah? Maka, tekuni saja hal tersebut. Menekuni sesuatu yang bisa memberi kepuasan batin akan membuatmu bisa lebih mudah bahagia menjalani hidup. Sebab kamu akan merasa hidupmu lebih bermakna dengan hal tersebut, dan ini akan mendatangkan kenyamanan sendiri di hatimu.

4. Terhubung dengan Orang-Orang yang Membuatmu Nyaman
Jaga baik hubungan sosial yang masih ada. Walau mungkin jumlah teman dan sahabatmu tak sebanyak yang dimiliki orang lain, tetapi selama kamu bisa terhubung dengan lingkup sosial yang positif maka kamu bisa mengupayakan kebahagiaanmu sendiri. Kebahagiaan bisa didapatkan saat kamu masih bisa bertukar cerita dan berbagi senyuman dengan orang-orang terkasihmu.

5. Memenuhi Kebutuhan Sesuai Kemampuan
Kalau memang kamu sangguh hidup dengan gaya mewah dan megah, tak apa bila memang kemampuanmu bisa mengakomodasi itu. Tapi tak harus memiliki segalanya untuk bisa bahagia. Pada dasarnya saat kamu bisa memenuhi kebutuhan sesuatu kemampuan, kamu bisa bahagia. Menghadirkan perasaan cukup atas hal-hal yang bisa kamu upayakan dengan baik sudah bisa menghadirkan ketenteraman hati sendiri.