Keren! Tiga Sekolah Indonesia Ini Ternyata Ada di Arab Saudi Loh

 

HAJIUMRAHNEWS.COM – Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) merupakan lembaga pendidikan formal yang sudah tersebar di berbagai negara, salah satunya di Arab Saudi.

Sekolah luar negeri ini biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak diplomat dan staf lokal kantor perwakilan RI yang ada di luar negeri.

Ada 3 SILN di Arab Saudi yang tersebar di kota Makkah, Riyadh dan Jeddah. Diketahui ada SILN yang telah berdiri dari tahun 1964 hingga saat ini.

1. SILN Makkah
SILN Makkah menjadi SILN terbaru yang ada di Arab Saudi. Sekolah Indonesia Makkah (SIM) telah mendapat perizinan dari Ditjen Pendidikan Asing Saudi Arabia dengan memilih Al-Anjal International School selaku penanggung jawab umum di sekolah.


SIM telah mendapatkan izin Ditjen Pendidikan Asing Saudi Arabia. Merujuk dari Surat Kepala Perwakilan RI Riyadh No.432/KP/VI/2000, tanggal 5 Juni 2000 dan Surat Kepala Sekolah Indonesia Jeddah No. 236/SIJ/C/II/2004, tanggal 18 Februari 2004, Sekolah Indonesia Makkah ditetapkan sebagai kelas jauh dari Sekolah Indonesia Jeddah.


SIM terdapat di Abdullah Arief Street, Distrik Al-Rosyaifah, Makkah Al-Mukarramah, Arab Saudi. SIM Makkah menyediakan jenjang pendidikan dari TK hingga SMA.


2. SILN Riyadh
SILN Riyadh telah berdiri sejak 2 Oktober 1985. Awalnya SILN Riyadh bernama Sekolah Indonesia Pancasila Riyadh atau SIP Riyadh, kemudian berubah menjadi Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) sejak tahun 1986 hingga saat ini.


SIR berada di Malaz dengan tenaga pendidik tergolong sedikit. SIR terbilang kurang memadai sebab kurangnya tenaga pendidik.Sehingga untuk kepentingan mengajar SIR dibantu oleh Dharma Wanita Sub Unit KBRI Riyadh. Hal ini membantu SIR menjadi lebih baik dan stabil.

SIR kerap kali berpindah lokasi mulai dari ke Um Al Hamam pada 17 Juli 1988 hingga kembali berpindah pada Juli 1993 di gedung sekolah hingga saat ini. Walaupun sering berpindah lokasi, SIR berhasil mengantongi izin operasional dari Pemerintahan Saudi Arabia dengan nama Internasional Indonesian School (IIS) pada tahun 1996.


3. SILN Jeddah
SILN Jeddah menjadi SILN pertama yang ada di Arab Saudi. Diketahui Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) sudah berdiri sejak 1 Januari 1964.

Diketahui SIJ sempat mengalami pergantian nama secara terus-menerus. Mulanya diberi nama Trikora lalu pemerintah mengubah menjadi Sekolah Indonesia Pancasila, hingga sampai saat ini bernama SIJ.

Sebelumnya SIJ hanya memiliki Taman Kanak-kanak (TK), namun pada tahun 1971 SIJ berhasil membuka jenjang pendidikan SMP dan SMA. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0112/1968 SD dan SMP di SIJ ditetapkan setara dengan sekolah di Indonesia. Lalu pada tahun 1980 menyusul SMA SIJ secara resmi diakui sederajat dengan SMA di Indonesia.