Soal Tambahan Air Zamzam, Menag Yaqut: Sudah Dibayar Tapi Masih Tunggu Proses Otorisasi Dewan Malaki

 

HAJIUMRAHNEWS.COM - Jemaah haji reguler masih harus bersabar menunggu tambahan 5 liter air zamzam yang dijanjikan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas.

Pria yang akrab disapa Gus Men itu mengaku telah membayar tambahan 5 liter air zamzam melalui sistem E-Hajj pada tanggal 6 Juni 2023, akan tetapi sampai saat ini masih menunggu proses otorisasi agar bisa dikirim ke Indonesia.

"Otorisasi ini adanya di Dewan Malaki yang [betul-betul] tidak bisa kita akses kecuali melalui Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi," kata Gus Men dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Senin (18/9/2023).

Ia menyebut, kabar terakhir yang disampaikan pihak Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi bahwa sudah ada perkembangan positif mengenai tambahan 5 liter air zamzam.

"Dia (Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al Rabiah] akan menyampaikan apapun perkembangannya nanti," ucap Gus Men.

Sebagai bentuk komitmen Kemenag atas tambahan 5 liter air zamzam untuk jemaah haji, Gus Men juga telah memerintahkan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief agar segera menyelesaikan masalah tersebut.

"Pak Dirjen ini diundang ke Kementerian Haji Saudi tanggal 20 September, dan saya tidak mengizinkan berangkat sebelum masalah zamzam ini selesai," pungkas Gus Men.