Pengen Dijauhkan dari Perasaan Iri dan Dengki, Baca Doa Ini

 

HAJIUMRAHNEWS.COM – Salah satu sifat tercela yang paling tidak disukai Allah SWT adalah memiliki sifat dengki dalam diri.

Jika seseorang memiiliki sifat dengki dalam dirinya maka ia akan merasa iri dengan kebahagaian atau nikmat yang dimiliki oleh orang lain.

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menjauhi sifat ini. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda yang artinya:

“Janganlah kalian saling hasad (iri), janganlah kalian saling membenci, janganlah kalian saling membelakangi (saling mendiamkan/ menghajr). Jadilah kalian bersaudara, wahai hamba Allah,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sementara itu, berikut ini doa agar terhindar dari sifat iri dan dengki : 

وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آَمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Artinya “Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdoa, ‘Wahai Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan tumbuh kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Wahai Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.'” (QS. Al-Hasyr:10)

Iri dan dengki menjadi musuh orang beriman, dan salah satu obat yang dapat mengatasinya adalah memperbanyak syukur atas nikmat yang Allah berikan.

Allah telah menjanjikan bahwa semakin banyak kita bersyukur kepada-Nya, justru Allah akan menambah kenikmatan hingga tak terbatas.

 وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS: Ibrahim: 7).