Alhamdulillah! Tiga Jemaah Indonesia yang Sakit Paska Operasional Haji Sudah Kembali di Tanah Air

 

HAJIUMRAHNEWS.COM - Jumlah jemaah haji Indonesia yang tiba di Tanah Air paska operasional haji kembali bertambah. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, pada 17 Agustus 2023, ada tiga jemaah haji yang mendarat dengan selamat.

Tiga jemaah itu adalah Ramlan Bin Achmad Sontel asal Riau (Kloter BTH 10), Omad Ujang asal Jawa Barat (Kloter JKS 73), dan Marfuah Kabit asal Jawa Timur (Kloter SUB 88).

"Alhamdulilah, tepat di HUT RI hari ini, ada tiga jemaah haji sakit di Saudi yang tiba di Tanah Air karena sudah sehat," ujar Kasubdit Transportasi dan Perlindungan Jemaah Haji Reguler Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, M. Noer Alya Fitra, pada Kamis (17/8/2023) di Tangerang.

Jemaah-jemaah tersebut diantar pulang ke Tanah Air oleh petugas Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah. Setelah tiba di Soetta, jemaah akan dilakukan observasi oleh pihak KKP Bandara Soetta.

"Jika dinyatakan sehat maka jemaah akan melanjutkan perjalanan. Jika tidak maka akan dirujuk ke Rumah Sakit Haji Pondok Gede untuk pemulihan agar siap melanjutkan perjalanan menuju daerah asal," tambah pria yang karib disapa Nafit itu.

Hingga hari Kamis (17/8/2023), total Jemaah Haji sakit yang sudah pulang pasca operasional haji berjumlah 6 orang.

Operasional ibadah haji 1444 H/2023 M dinyatakan berakhir oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 5 Agustus 2023. Saat itu, tercatat ada 77 Jemaah Haji Indonesia yang dirawat di RSAS Arab Saudi. Hingga kini 25 jemaah diantaranya telah wafat dan 6 orang lagi dipulangkan sehingga tersisa 46 jemaah.