Inilah Keutamaan Memuliakan Anak Yatim, Bisa Bersama Rasulullah SAW di Surga

 

HAJIUMRAHNEWS.COM – Dalam agama Islam, anak yatim merupakan golongan lemah yang pertama kali harus dimuliakan dan mendapatkan pertolongan.

Hal itu telah di contohkan Rasulullah SAW untuk mencintai dan menyantuni anak yatim. Apalagi bagi mereka yang masih berusia kecil dan tidak mampu untuk menghadapi diri sendiri.

Menyantuni anak yatim juga pada dasarnya merupakan amal ibadah yang sangat mulia di mata Allah SWT. Dengan amalan ini, seseorang akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa. Diantaranya adalah :

1.Menjadi Penghuni Surga
Orang yang mau menyantuni anak yatim niscaya bisa masuk surga dan menetap di dalam surga selama-lamanya. Hal ini sebagaimana terdapat dalam salah satu sabda Rasulullah sebagai berikut:

"Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni." (HR At-Tirmidzi)

2. Melunakkan Hati yang Keras
Selain dengan menuntut ilmu, hati yang keras bisa dilunakkan dengan cara menyantuni anak yatim. Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa Rasulullah bersabda:

"Sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi." (HR. Al-Albani)

3. Menjadi Orang yang Dekat dengan Rasulullah di Surga
Riwayat lainnya juga menerangkan bahwa orang yang menyantuni anak yatim bisa menjadi orang yang dekat dengan Rasulullah SAW di surga. Berikut keterangan haditsnya:

"Dari Sahl bin Sa'ad RA, beliau berkata bahwa Rasulullah bersabda, 'Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini.' Kemudian beliau memberikan isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah beliau, serta agak meregangkan keduanya." (HR. Bukhari)