UMY Lepas 25 Mahasiswa KKN di Arab Saudi, Dapat Bonus Umrah Dua Kali

 

HAJIUMRAHNEWS.COM -  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melepas 25 mahasiwanya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Arab Saudi.

Selain melakukan KKN mahasiswa ini juga akan mendapatkan bonus umrah sebanyak dua kali, pertama dilakukan saat tiba di Arab Saudi sedangkan umrah kedua setelah KKN berakhir.

“Saat kami tiba di Jeddah, kami terlebih dahulu melaksanakan ibadah umrah bersama. Setelah itu terhitung sejak hari Kamis 10 Agustus ini, setelah 29 hari sebelum kepulangan mereka akan kembali melaksanakan kegiatan umrah lagi, jadi umrahnya dua kali,” kata Kepala Divisi Pengabdian Mahasiswa UMY, Dr. Aris Slamet Widodo, Minggu (13/8/23).

Aris mengungkapkan, program KKN ini berdasar pada Memorandum of  Understanding (MoU) yang telah disepakati antara UMY dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah satu tahun yang lalu.

Mahasiswa KKN UMY di Jeddah ditugaskan membantu KJRI dalam pengurusan administrasi warga Indonesia yang tinggal di Arab Saudi. Kemudian mahasiswa akan berfokus pada pemberdayaan guru, pengajar, siswa, dan orangtua siswa di Sekolah Indonesia Jeddah dan Makkah.

“Selain itu kami juga berharap mahasiswa dapat beradaptasi dan membuat program-program kreatif, karena kondisi di Arab Saudi tentu berbeda dengan Indonesia, baik lingkungan maupun budaya yang mengharuskan kita untuk beradaptasi,” ungkap Aris.

Di sisi lain, Aris mengatakan mahasiswa KKN UMY tidak sekadar melakukan kegiatan pemberdayaan saja. Namun ikut membangun kolaborasi internasional dengan berbagai pihak sehingga mengasah kemampuan dan pengalaman mahasiswa di kancah internasional.