Begini Hukum Musik Serta Sairnya Menurut Habib Umar bin Hafidz

 

HAJIUMRAHNEWS.COM – Habib Umar bin Hafidz memberikan kajian dalam Rangkaian Rihlah ke Indonesia di Jakarta Senin (21/8/23).

Pada kesempatan itu Habib Umar bin Hafidz menjelaskan tentang hukum dan syair-syair yang digunakan dalam musik.

Menurut Habib asal Yaman ini, para pemusik adalah orang-orang yang bekerja pada bidang yang berhubungan dengan cita, rasa, dan batin seseorang.

“Sebab bermain dengan perasaan, maka dia harus tahu apa yang membuat orang paling nyaman. Bukan cuma musik saja, zikir pun juga, doa pun juga, ibadah pun juga,” jelasnya dalam sebuah video yang diunggah di kanal Youtube Nabawi TV, Senin (21/8/23).

Habib Umar mengingatkan para pemusik untuk tidak menggunakan alat-alat yang memang diharamkan dalam syariat. Sebaliknya, mereka boleh menggunakan alat-alat musik yang dihalalkan

“Apabila yang dia bangkitkan adalah hal-hal yang buruk, sehingga bangkit keinginan yang lebih buruk, ataupun juga berisi ucapan-ucapan yang buruk, mengajak kepada keburukan, maka itu diharamkan dan tidak baik,” ujar Habib Umar

Namun jika isinya mengajak kepada kebaikan dan membangkitkan hal-hal yang baik pada diri seseorang, maka hal itu menurutnya menjadi hal-hal yang baik pula.