Wujud Cinta Kepada Allah SWT, Empat Teladan Rasulullah Jaga Kelestarian Lingkungan

 

HAJIUMRAHNEWS.COM – Salah satu bentuk kecintaan kita kepada Allah SWT adalah meneladani perilaku hidup Rasulullah SAW termasuk dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Rasulullah SAW memberikan pelajaran yang sangat luar biasa tentang pentinya menjaga kelestarian lingkungan. Rasulullah SAW bersabda;


عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” اتَّقُوا الْمَلَاعِنَ الثَّلَاثَةَ: الْبَرَازَ فِي الْمَوَارِدِ، وَقَارِعَةِ الطَّرِيقِ، وَالظِّلِّ “


“Waspadalah terhadap tiga hal: kotoran yang ada di sumber, mengotori tengah jalan dan tempat yang teduh” (HR. Abi Daud).

Ada 5 hal yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam menjaga lingkungan :

1. Menanam Pohon
Pohon diketahui dapat meningkatkan kualitas udara serta air dengan menyerap polutan, melepaskan oksigen, dan mengurangi tingkat dan penipisan ozon.

Menanam pohon sama juga membantu mengurangi suhu atmosfer dengan transpirasi dan memberikan keteduhan bagi manusia dan hewan.

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk menanam pohon. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits, Anas bin Malik r.a, beliau bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا، أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا، فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْر ٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيمَةٌ، إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ

“Tidaklah seorang muslim menanam pohon atau menabur benih, lalu dimakan burung, manusia, atau hewan, melainkan termasuk sedekah”. (Sahih al-Bukhari)


2. Memelihara Hewan
Hewan adalah komponen penting dan penghuni Bumi selain manusia. Semua hewan di alam memiliki peran penting dalam ekosistem. Mereka hidup berdampingan dan menyeimbangkan satu sama lain untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan mengatasi masalah polusi, pemanasan global, dan gangguan yang menyebabkan perubahan ekosistem secara drastis.

Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah memelihara hewan dan ciptaan Allah SWT.

Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits, Abu Hurairah ra melaporkan bahwa orang-orang bertanya kepada Nabi SAW tentang imbalan melayani hewan. Beliau menjawab,

فِي كُلِّ كَبِدٍ رَطْبَةٍ أَجْرٌ

"Ada hadiah untuk melayani makhluk hidup apa pun". (Sahih al-Bukhari) 

3. Menjaga Kebersihan dan Keamanan Lingkungan
Sebagai khalifah di bumi, menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan adalah bagian dari kewajiban. Selain menjaga kebersihkan, kita diwajibkan untuk menciptakan keamanan dari lingkungan tersebut.

Rasulullah SAW memberi teladan pada umatnya untuk menjadi bagian dari keduanya.

Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits, Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِي بِطَرِيقٍ، وَجَدَ غُصْنَ شَوْكٍ فَأَخَذَهُ، فَشَكَرَ اللَّهُ لَه ُ، فَغَفَرَ لَهُ

“Ketika seorang pria sedang berjalan di sepanjang jalan setapak, dia menemukan cabang pohon yang berduri di jalan dan memindahkannya. Allah SWT. berterima kasih atas perbuatan itu dan memaafkannya”. (Sahih al-Bukhari)

Dalam hadits tersebut Rasulullah SAW menekankan pentingnya menghilangkan hal-hal yang dianggap berbahaya di jalan.

4. Hemat Menggunakan Air

Dari Anas Bin Malik Radhiyallahu 'anhu beliau mengatakan

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ بِالْمُدِّ، وَيَغْتَسِلُ بِالصَّاعِ، إِلَى خَمْسَةِ أَمْدَادٍ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu dengan satu mud (air) dan mandi dengan satu sha’ sampai lima mud (air)” (HR. Bukhari no. 198 dan Muslim no. 325).

Hadist tersebut menggambarkan bagaimana Rasulullah SAW berhati-hati dalam memanfaatkan sumber daya alam dasar seperti air.