PPKM Darurat, Baznas Banten-Gaido Foundation “Operasi Perut Lapar”

0
115
Jumat 17 Juli 2021, Wakil ketua III Baznas Banten, Ace Sumirsa Ali (Tiga dari kiri) secara simbolik menyerahkan nasi siap santap kepada petugas UPZ Gaido Foundation untuk dibagikan kepada yang membutuhkan.

HAJIUMRAHNEWS.COM– Dalam rangka merespon Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diterapkan pemerintah yang berdampak pada kesulitan masyarakat dalam mencari rizki, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Gaido Foundation menggelar acara bagi-bagi makan gratis kepada warga yang membutuhkan. Acara ini diberinama Jumat Berkah, karena akan dilakukan secara rutin setiap hari jumat.

“Kami istilahkan kegiatan Jumat Berkah ini dengan operasi perut lapar. Mengapa demikian, karena yang disasar adalah mereka yang dalam keadaan lapar dan membutuhkan seporsi makan siang. Mereka bisa pemulung, tukang parker, pengemis, pengemudi ojek atau siapa aja yang membutuhkan makan siang,” ujar Muhammad Rikza, Ketua Program Jumat Berkah di UPZ Gaido Foundation, Jumat, (16/07) usai mengadakan kegiatan.

Diungkapkan Rikza, kegiatan “Operasi Perut Lapar” ini akan rutin dilakukan setiap hari Jumat selama satu bulan kedepan. Sedikitnya akan disiapkan 150 porsi nasi yang dibagikan secara gratis hasil olahan dari Baduy Restauran. Untuk kegiatan perdana, nasi box tersebut dibagian di Pasar Baros, Kabupaten Serang dan para pengguna jalan di Jalan Raya Serang-Pandeglang.

Khoirunnas anfa’uhum linnas, sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. Ini sebagai bentuk tanggungjawab sosial kami kepada yang membutuhkan bantuan, itu saja,” ujar Rikza menegaskan.

Sementara itu, Wakil Ketua III Baznas Provinsi Banten, Ace Sumirsa Ali yang turut hadir menyaksikan pembagian makan gratis kepada masyarakat tersebut mengungkapkan bahwa “Operasi Perut Lapar” tersebut adalah bentuk solidaritas kemanusiaan yang dilakukan Baznas Banten kepada masyarakat, khususnya yang terdampak oleh kebijakan PPKM Darurat.

“Dalam kondisi Pandemi seperti ini, kami yakin bahwa semangat dan solidaritas kepada sesama sangat dibutuhkan. Mari masyarakat bahu membahu agar kesulitan warga yang lain bisa teratasi, terutama kepada mereka yang kesulitan mencari rizki akibat pandemi ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ace mengapresiasi kinerja UPZ Gaido Foundation yang cepat melakukan respon situasi di era pandemi ini. Sebab secara resmi, UPZ Gaido Foundation baru dibentuk pada bulan Juni 2021 lalu. Apalagi pembagian makanan gratis tersebut rencananya bakal terus dilakukan hingga satu bulan ke depan di setiap hari Jum’at. Ini tentu akan mampu meringankan beban warga yang selama ini terdampak ekonomi selama kegiatan PPKM darurat.

“Kita proyeksi sebulan ke depan. Jika masih saja banyak yaa kita perpanjang,” ujar Muhammad Rikza menimpali seraya menjelaskan bahwa Gaido Foundation sebagai bagian dari Baznas Banten telah diberi tugas dan kewenangan untuk menerima dan menyalurkan dana zakat infaq sedekah sesuai Surat Keputusan 014/UPZ Baznas BTN/VI/2021. Atas dasar itu, Gaid Foundation mengajak kepada para muzakki atau donatur untuk ikut menyalurkan ZIS dan DSKL melalui Gaido Foundation dengan Nomor Rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 917.687.809 dan Nomor Rekening  Gaido Bank Syariah 113.010.1100 . Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Epi Khunaifi di nomor kontak +62 878-8032-1876.

Terlihat senyum manis yang terlukis indah di raut wajah masyarakat karena rasa antusias akan kegiatan aksi ini. Bak oase di gurun pasir, kehadiran bagi-bagi makan merupakan langkah afektif, terlebih kini kegiatan masyarakat sedang  dibatasi.