Pasca Perang Dengan Hamas, PM Israel Netanyahu Copot Bos Badan Intelijen Mossad

0
152

HAJIUMRAHNEWS.COM — Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mencopot direktur badan intelijen Mossad Yossi Cohen. Dia menunjuk David Barnea (56) yang akan resmi menjabat pada Juni. Barnea sebelumnya menjabat sebagai wakil direktur Mossad.

Pemberhentian Cohen ini dilakukan setelah pertempuran Israel dengan Hamas yang berlangsung 11 hari. Kedua pihak menyepakati gencatan senjata pada Jumat pekan lalu.

Cohen menjabat sebagai direktur Mossad sejak Januari 2016. Dia juga pernah menjadi utusan khusus Netanyahu untuk beberapa misi.

Dia memainkan peran penting di balik normalisasi hubungan Israel dengan sejumlah negara Arab yang juga dimediasi Amerika Serikat. Sebagai tindak lanjut, Cohen telah melakukan perjalanan ke Uni Emirat Arab dan Bahrain, dua dari empat negara Arab yang berdamai dengan Israel pada tahun lalu.

Sementara Barnea bergabung dengan Mossad pada 1996 dengan mengisi posisi agen kasus. Dia telah bertugas di berbagai divisi Mossad, termasuk kepala divisi Tzomet dari 2013 hingga 2019. Menurut laporan media Israel, tugas divisi itu adalah merekrut dan memberikan misi kepada agen.

Surat kabar Israel Haaretz mengungkap, Barnea bertanggung jawab dalam operasi melawan Iran dan Hizbullah.

Iran menuduh Mossad berada di balik pembunuhan ilmuwan nuklir Mohsen Fakhrizadeh pada tahun lalu serta sabotase fasilitas pengayaan uranium.

 

 

Sumber: babe.news