Millenial Berkarya dan Millenial Entrepreneurship di Masa Pandemi

0
212

HAJIUMRAHNEWS.COM- Seminar “Millenial Berkarya, Millenial Entrepreneurship di Masa Pandemi” Ikatan Mahasiswa Baros (IKAMABA) di Bazaar dan Festival Ramadhan 1442 H. “Ramadhan Tiba Ekonomi UKM Bangkit”, pada Sabtu (08/05) di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound.

Hadir sebagai narasumber Taufik Akbar, S.E., M.Si., Ak.CA. selaku founder IKAMABA juga akademisi di Universitas Mercu Buana, kemudian juga hadir Imat Nikmat, S.Kom,  pegiat Content Creator Media dan terakhir adalah Abdurohman Wahid, yaitu Ketua UMUM IKAMBA dan hadir Muhammad Hasan Gaido selaku founder Gaido Foundation sekaligus moderator.

Seminar yang dihadiri 25 anggota IKAMABA  dan umum ini, diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19. lalu ditutup dengan buka puasa bersama.

Taufik Akbar dalam kesempatannya menyampaikan kisah inspiratif dan motivasinya dalam mengenyam pendidikan hingga saat ini. Taufik sendiri saat ini tercatat sedang berkuliah doktoral di University Sains Malaysia.

“Saya dan teman-teman mendirikan IKAMABA dengan tujuan salah satunya agar akses informasi, seperti info beasiswa, kompetisi nasional dan internasional dari pemerintah pusat ataupun umum, bisa tersampaikan dengan baik kepada teman-teman di daerah dan masyarakat pada umumnya.”ujar Taufik Akbar.

Sehingga sebisa mungkin acara apapun di Banten, IKAMABA hadir dengan tujuan sebagai bentuk kepedulian IKAMABA dan tanggung jawab mensosialisasikan informasi yang didapat untuk disampaikan terutama kepada sesama anggota dan pada masyarakat umumnya.

“Semoga nantinya para mahasiswa Baros bisa aktif di berbagai organisasi. Semoga jebolan IKAMABA bisa menjadi para pemimpin Gubernur, Walikota, Bupati atau Anggota Dewan.” ujar Taufik Akbar.

Selanjutnya, Hikmat Nikmat berbagi pengalaman sebagai pegiat content digital, khususnya di bidang desain visual.

“Di banyak kesempatan saya terlibat dalam pembuatan konten desain visual bilboard-bilboard untuk Pemprov Banten. Saya awalnya pun tidak menyangka bahwa karya-karya saya bisa dipakai Pemprov Banten. Intinya bahwa sebuah desain haruslah bisa menyampaikan pesan utama sang kreator kepada para penikmatnya dengan baik. Dan terus konsisten berkarya.” ujar Hikmat.

Harapannya, Hikmat dan rekan-rekan bisa terus konsisten berkarya dan bisa mempunyai perusahaan media yang mereka kelola sendiri.

Selanjutnya narasumber terakhir, Abdurohman Wahid, selaku Ketua Umum IKAMABA menyampaikan bahwa di masa kepeimimpinannya, ia telah membuat berbagai program unggulan yang mana untuk menyukseskannya tentu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

“Kepengurusan IKAMABA itu hanya 2 tahun, supaya pergantian kepengurusan dapat membuktikan karya nyatanya. Harapannya dengan posisi saya sebagai Ketua Umum, saya mau mengajak teman-teman semua memajukan daerah asal kita, Baros khususnya dan Banten Pada umumnya. Terima kasih kepada Bapak Hasan Gaido selaku pemilik Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, atas dukungannya¬† yang telah mengizinkan IKAMBA untuk berkantor dan menjadikan sekretariat kami di sini.” Ujar Abdurohman.

Sarat dengan diskusi di akhir sesi seminar, para peserta turut mendukung Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound menjadi Digital Hub Ekonomi Syariah.

Kita bisa bergerak bersama dengan terus berkarya dengan kreatif dan konsisten. Harapannya juga nanti, dengan peran aktif IKAMABA bisa sama-sama mewujudkan dan mempromosikan adanya Desa Wisata di Baros dengan segala potensinya mulai dari pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan keindahannya, melalui platform digital, seperti media sosial instagram, YouTube, Facebook, WhastApp, dll.

Melalui dukungan akses dan jaringan Bapak Muhammad Hasan Gaido, IKAMABA bisa berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah, ormas, anggota dewan dearah dan pusat.

Kita wujudkan ekonomi kreatif jadi pilar kebanggaan, sehingga UKM di Baros, Kabupaten Serang bisa berdaya saing dan terlibat aktif menjadi bagian Digital Hub Ekonomi Syariah yang tidak hanya bersifat lokal namun juga internasional dengan kualitas ekspor.