Inilah Tiga Manfaat Jika PBS Masuk Sumber Pembiayaan Bank Syariah

0
1480
Foto: Istimewa/ilustrasi

HAJIUMRAHNEWS – Ada tiga manfaat jika produk sukuk berbasis proyek (Project by Sukuk/PBS), yang merupakan bagian dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) bisa masuk ke dalam sumber pembiayaan perbankan syariah. Pertama, PBS merupakan instrumen yang aman untuk berinvestasi. Karena  surat utang negara ini benar-benar underlying project .

Kedua, PBS juga akan memperbesar pasar pembiayaan bank syariah. Ketiga, PBS ini akan memperkecil angka non performing finance (NPF).

Ketiga hal inilah yang menjadi alasan Direktur Wholesale Banking PT Bank Syariah Mandiri (BSM), Kusman Yandi mengusulkan kepada BI dan Kementerian Keuangan.

“Kami meminta supaya PBS bisa diperhitungkan (menjadi sumber) pembiayaan,” kata Kusman kepada wartawan di Jakarta, Senin 25 April 2016.

Kusman optimistis industri perbankan syariah akan semakin menggeliat jika PBS dimasukan sebagai sumber pembiayaan. “Tentu bank syariah yang punya kelebihan likuditas, semangat lagi untuk membeli sukuk,” kata dia.

Selin itu, Kusman juga yakin PBS bisa memperkecil angka pembiayaan bermasalah (non performing financing). Menurut data BSM misalnya, angka NPF bank syariah pada tahun 2015 mencapai 6 persen. Tahun ini, angka tersebut ditargetkan turun di angka 5 persen. Target ini akan mudah tercapai jika PBS masuk dalam sumber pembiayaan.

Selama ini perbankan syariah, kata Kusman pihaknya belum bisa mengalihkan sumber pembiayaan dari instrumen Dana Pihak Ketiga (DPK) ke sektor pembiayaan. Di bisnis pembiayaan, BSM mengaku pertumbuhannya pembiayaan bank syariah masih relatif kecil. Pada tahun 2015, angka pembiayaannya sebesar 5 persen.

Karena selama ini, sukuk tidak termasuk ke dalam daftar sumber pembiayan. (war)