Hasan Gaido Ajak UMKM Se-Kudus Aktualisasikan Ekonomi Syariah dan Perkuat Daya Saing

0
728

HAJIUMRAHNEWS.COM—Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kabupaten Kudus bekerjasama denga ALISA Khadijah Ikatan Cendikiwan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Kudus mengadakan Workshop Entrepreneurship “Aktualisasi Ekonomi Syariah dan Kemudahaan Perizinan Usaha Mendorong Daya Saing UMKM di Era Revolusi Industri 4.0” dengan menghadirkan Narasumber  yaitu Muhammad Hasan Gaido, CEO dan Founder Gaido Group dan Rofiq Fahri, S.H., MM, Kabid Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Koperasi dan UMKM Kabupaten Kudus, dimoderatori oleh DR. Ekawati Rahayuningsih, SE.MM., Dosen IAIN Kudus, pada Kamis (27/09) bertempat di @home Hotel Kudus.

Plt. Kadis Dinas Tenaga Kerja Pendustrian dan Koperasi dan UMKM Kabupaten Kudus, Marti, SE., MM. hadir langsung memberikan keynote speech sekaligus membuka kegiatan Workshop yang dihadiri 40 peserta ini yang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat ini.

Ketua Panitia Workshop, Arief Subekan, SE. yang juga menjabat sebagai Sekum MES Kudus mengatakan kegiatan workshop ini bertujuan di antaranya dalam rangka mengedukasi para pelaku  UMKM yang merupakan tonggak penopang ekonomi masyarakat tentang ekonomi syariah.

“Teman-teman UMKM sebagai pelaku ekonomi sangat perlu mulai mengupgrade keilmuannya tentang ekonomi syariah, apa, mengapa dan bagaimana meangakutalisasikannya” ujar Arief.

“Industri ekonomi syariah nasional memiliki potensi yang begitu besar untuk terus tumbuh sehingga perannya akan semakin dirasakan dalam mendukung perekonomian Indonesia khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas,” ungkap Hasan Gaido

“Saat ini, Gaido Group dengan Visi Gaido Group 2045 Indonesia Sentral ekonomi Syrariah Dunia tampil dengan mengusung model bisnis integrated syariah business corporate, dengan bidang bisnis meliputi keuangan syariah, haji khusus, umrah, halal travel, kawasan wisata halal, multimedia syariah, event organizer, kuliner halal, dan muslim lifestyle.” Tegas Hasan Gaido yang juga menjabat sebagai President Indonesia Saudi Arabia Business Council (ISBC) ini.

Masih dalam paparannya, diketahui bahwa Gaido Group menerapkan sistem yang disebut manajemen Triangle, yakni Operation and Product, Sales and Marketing dan Administration and Finance. Ketiga divisi tersebut saling terkait dalam sistem dan menjadi tanggungjawab seorang CEO atau pimpinan perusahaan.

“Konsep ini tak terlepas dari konsep iman bagi seorang muslim, yakni diitikadkan dalam hati, diucapkan dengan lisan dan dilakukan lewat perbuatan,” tegasnya.

Selanjutnya Gaido Group juga meletakkan lima tahapan untuk menuju sukses. Di antaranya Well Planning (perencanaan yang baik), Clear Goal (target yang jelas), Strategy (cara yang digunakan), Solid Team (tim yang solid) dan Smart Personal (individu yang handal).

“Inilah yang oleh Gaido Group dinamakan sebagai Five Steps How to Get Success. Dimana kelima pilar tersebut mengacu pada rukun Islam, yakni Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa dan Haji.

Hasan Gaido menegaskan, setidaknya itulah yang menjadi pondasi dan pilar-pilar yang menopang Gaido Group dalam menjalankan bisnisnya sebagai sebuah entitas bisnis memiliki visi mendunia dengan inovasi tanpa batas.

Dalam kegiatan workshop ini, hadir juga sebagai undangan Ketua 1 MES & Anggota DPRD Prop Jateng Bp. Setia Budi Wibowo, MM, Direktur Utama Gaido Travel. Nana Sujana, Direktur Utama  BAF syariah Asep Swarna, Direktur Utama Sani Mobil Indonesia, Heriyanto, Direktur Gaido Foundatian, Tommy Eka Purnama.