Hasan Gaido Ajak Santri Asah Jiwa Entreprenurship Sejak Dini

0
67

HAJIUMRAHNEWS.COM-Rangkaian Gelaran Workshop Pemulihan Ekonomi dari Dampak Pandemi Covid-19 telah sukses terselenggara pada 07-31 Agustus 2021, yang pada akhirnya ditutup dengan tema “Menumbuhkan Jiwa Entreprenurship di Kalangan Santri” dengan menghadirkan praktisi bisnis Syariah, Muhammad Hasan Gaido, founder dan CEO Gaido Group, pada Selasa (31/08) yang lalu di Aula Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound

“Mulai dari sekarang, para pelajar santri, kejarlah cita-cita kalian. Dan sebagai generasi penerus bangsa, dan agama harus mulai mempersiapkan diri untuk menjadi leader, baik dalam dunia dakwah, Pendidikan, organisasi maupun dunia bisnis” katanya.

Dalam kesempatan itu, Hasan Gaido, memaparkan bagaimana perjuangan sosok Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersaing tampil menjadi yang terbaik di zamannya kala itu, hingga akhirnya menjadi sosok pemimpin agama, pemimpin negara yang juga berangkat dari seorang pedagang.

“Ya, Rasulullah, suri tauladan kita adalah seorang pebisnis, pedagang yang amanah dan profesional, dan hingga akhirnya dia dipercaya untuk menjadi pemimpin,” ujarnya.

Begitu pula bagaimana para sahabat Rasulullah, Usman bin Affan atau Abdurahham bin Auf yang dikenal sebagai wirausahawan sejati yang berpegang pada ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

“Mudah-mudahan dari santri-santri di Banten ini akan lahir para pemimpin sukses yang terus mengembangkan ekonomi Syariah. Contohnya sudah ada para pemimpin hebat, Gus Dur dan  K.H. Ma’ruf Amin, dari kalangan santri  sukses menjadi Presiden dan Wakil Presiden.” kata Hasan Gaido berharap.

Sejalan dengan itu  Hasan Gaido juga menyampaikan bahwa kita juga harus mendorong kemandirian ekonomi berbasis pesantren, maka pesantren harus punya produk unggulan sehingga kemandirian ekonominya kuat.

“Saat ini di Banten sudah ada Beras Santri berikutnya, kita nantikan setelah dari workshop ini semoga  banyak produk-produk  dari santri. Kita juga sedang membangun Santri Mart sebagai pusat ritel yang dapat memenuhi segala kebutuhan masyarkat, khususnya pondok-pondok pesantren. Mari kita dukung agar produk santri sampai nasional bahkan bisa internasional” ungkap Hasan Gaido.

Hasan Gaido telah meletakkan pondasi-pondasi dalam berbisnis dalam perusahaan yang dibangunnya. Pengembangan Gaido Group, lanjutnya, dibangun dengan konsep Sistem Triangle yakni Operation and ProductSales and Marketing dan Administration and Finance. Ketiga divisi tersebut saling terkait dalam sistem yang dianut Gaido Group menjadi tanggungjawab seorang CEO atau pimpinan perusahaan.

Selain Triangle, kata Hasan Gaido, ia juga meletakkan lima tahapan untuk menuju sukses. Di antaranya Well Planning (perencanaan yang baik), Clear Goal (target yang jelas), Strategy (cara yang digunakan), Solid Team (tim yang solid) dan Smart Personal (individu yang handal). “Inilah yang oleh Gaido Group dinamakan sebagai Five Steps How to Get Success. Dimana kelima pilar tersebut mengacu pada rukun Islam, yakni Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa dan Haji,” katanya.