Gaido Travel & Tours Hadir di Pangandaran, Gelar Seminar Pemulihan Ekonomi Syariah di Masa Pandemi Covid-19

0
180

HAJIUMRAHNEWS.COM, Pangandaran —  Gaido Travel & Tours menggelar Seminar bertema “Pemulihan Ekonomi Syariah di Masa Pandemi Covid-19” pada hari Senin (14/06) di Gedung Dakwah Islam Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat.

Seminar ini menghadirkan narasumber Hasan Gaido, Presiden ISABC, dan juga Bendahara Komite Ekspor Halal DPP MES, Nana Sujana, Direktur Gaido Travel & Tours dan H. Kusno Pramono, Kepala Cabang Gaido Travel & Tours Pangandaran.

Turut hadir dalam seminar ini Direktur Bisnis Bandung Gaido, Heri C. Utomo, Kepala Gaido Travel & Tours Regional Jawa Barat, K.H. Deden Ghozali dan Sekertaris Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Pangandaran, H. Umar.

Pada Kegiatan ini sambutan sekaligus pembukaan acara secara resmi disampaikan Ruslan selaku Pelaksana Kehutanan CD7 Provinsi Jawa Barat yang menyampaikan sangat mengapresiasi Gaido Travel & Tours Cabang Pangandaran yang turut serta berkontribusi pada pemulihan ekonomi syariah di masa pandemi ini.

Sangat penting untuk kita mengetahui seluk beluk ekonomi syariah dan mengetahui bagaimana strategi dalam pemulihannya dikala masa pandemi seperti saat ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Hasan Gaido, Bapak Nana Sujana, dan juga Kepala Cabang Gaido Travel & Tours Pangandaran, Bapak H. Kusno Pramono yang telah melaksanakan kegiatan ini, mudah-mudahan masa pandemi ini ekonomi segera bangkit, khususnya pariwisata dan ekonomi kreatif di Pangandaran, Jawa Barat.” ujar Ruslan.

Masuk kepada paparan para narasumber, Nana Sujana menyampaikan pengalaman Gaido Travel & Tours yang sudah menginjak 18 tahun memiliki izin yang sangat lengkap bahkan jadi perusahaan franchise, dan juga sudah meiliki 63 kantor cabang, salah satunya Gaido Travel & Tours cabang Pangandaran.

Lebih lanjut, Nana Sujana juga beromentar atas isu yang ramai akhir-akhir ini terkait kuota dan pemberangkatan haji 1443 H. Kerajaan Arab Saudi telah menyampaikan berita resmi bahwa haji dan umroh hanya bisa dilaksanakan oleh masyarakat yang ada di Arab Saudi saja. Sehingga ini menjawab berbagai gejolak dan isu bahkan hoax terkait setoran dana calon jamaah haji.

“Saya menghimbau jika ingin haji dan umroh yang pertama diluruskan adalah niat, lalu yang kedua laksanakan, apakah itu bentuk tabungan, atau setoran, dan jika kita sudah memiliki nomor kursi maka jangan ditarik kembali, karena daftar haji ini untuk reguler bisa menunggu 14 sampai 20 tahun, sementara dengan haji khusus sendiri itu bisa sampai 7 sampai 10 tahun. Maka kita harus memiliki kepercayaan, dan juga sudah dijawab oleh Bapak Anggito dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bahwa uang jamaah, aman.” Ujar Nana Sujana.

Ibadah Haji adalah bagi yang mampu, sekarang kita belum diberikan kesempatan walaupun kita punya uang, maka kita harus sabar, yaitu dengan kita niatkan setelah itu kita bayar, lalu tunggu samapai giliran kita bisa berangkat haji, karena haji bukan hanya ibadah atau kewajiban kita seperti sholat, puasa, tapi juga pakai tenaga dan biaya.

Tidak bisa haji ditempat yang lain, beda halnya dengan sholat dan puasa yang bisa dilakukan di mana saja, maka kita harus mengikuti regulasi negara Indonesia dan negara Saudi Arabia.

“Ayo segera daftarkan diri untuk haji dan umrah ke Gaido Travel & Tours, disini kami ada kantor cabangnya di Pangandaran, dan silahkan hubungi call center di setiap cabang Gaido Travel yang dekat dengan domisili anda.” ajak Nana penuh semangat.

Nana Sujana juga berterus terang bahwa betul Gaido Travel sedang tidak memberangkatkan haji, namun tetap eksis, insyaallah tahun berikutnya Gaido Travel bisa memberangkatkan haji.

Narasumber berikutnya Muhammad Hasan Gaido menjelaskan tentang apa itu dasar hukum ekonomi konvensional dan perbedaannya dengan ekonomi Syariah; modal secukupnya, untung sewajarnya.

Ekonomi syariah ini menganut hukum syariat Islam, namun ekonomi syariah bukan diartikan bahwa kita tidak bisa berbisnis dengan penganut agama lain.

Misalnya produk-produk halal bisa dinikmati siapa saja, apapun pemeluk agamanya, lalu juga dengan konsep wisata halal juga bisa dinikmati bersama.

“Jadi ekonomi syariah ini hadir untuk semua manusia di dunia. Mari kita pahami dan kita dorong bahwa lebih dari 270 juta jumlah penduduk di Indonesia dan Indonesia merupakan penduduk muslim terbesar nomor satu di dunia. Maka ada potensi yang sangat besar bagaimana kita meningkatkan yaitu ekspor produk halal. Tidak lupa kita membangkitkan ekonomi di Pangandaran dengan beriwisata dengan Gaido Travel yang di Pangandaran.” Ujar Hasan Gaido.

Hal ini sejalan dengan ajakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Mari kita Bersama-sama dengan Pak Menteri, Sandiaga Uno berwisata ke Pangandaran dengan paket Wisata Halal Gaido Travel & Tours yang tentunya dengan akomodasi sangat nyaman. Inilah disebut pemulihan ekonomi syariah, maka insyaallah Pangandaran bangkit, dan Indonesia bangkit!