Gaido Foundation dan Bank Indonesia Dorong UKM Go Digital

0
173

HAJIUMRAHNEWS.COM-Seminar bertemakan “UKM Going Digital” dalam rangkaian kegiatan Bazaar dan Festival Ramadhan 1442 H, menghadirkan Bintang Agung Herlambang, Asisten Manager Bank Indonesia KpW Banten, Ustad Salman Al Jabali, Pimpinan Ponpes Al-Kirom Pandeglang, Asep Suwarna, Direktur Utama Gaido Bank Syariah, dan dipandu langsung oleh Muhammad Hasan Gaido, Founder Gaido Foundation, bertempat di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, Serang, Banten pada Selasa (27/04).

Bintang, berterimakasih atas acara yang diselenggarakan oleh Gaido Foundation karena telah turut serta membantu program Bank Indonesia terkait dengan digitalisasi ekonomi.

“Salah satu program yang diluncurkan oleh Bank Indonesia adalah melalui program QRIS untuk proses transaksi yang dilakukan oleh mitra binaan dari Gaido Foundation yang mengikuti acara ini dan juga mungkin untuk mitra binaan UKM yang mengikuti acara ini di manapun berada.” Ujar Bintang.

Bintang juga menyampaikan bahwa program yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk QRIS ini tentu tidak hanya memudahkan kita semua dalam bertransaksi penjualan, tetapi juga memberikan efek bahwa kita siap menghadapi era baru dikondisi yang saat ini.

Ustad Salman Al Jabali, berbicara tentang pesan dan kesan mengikuti acara kegiatan dialog digitalisasi tentang penggunaan QRIS.

“Alhamdulillah, PonPes Al-Kirom dengan adanya bantuan dari Bank Indonesia, kami sudah memakai digitalisasi QRIS untuk melakukan transaksi pembayaran, ketika kita menjual hasil-hasil produk hortikultura. Mudah-mudahan PonPEs Al-Kirom ini menjadi motivasidan  contoh untuk pesantren-pesantren yang ada diseluruh Banten dan Indonesia.” Harap Salman.

Diketahui bahwa PonPes Al-Kirom sudah melakukan transaksi digital, mulai dari pembelian pisang, kacang panjang, tomat, dan lain sebagainya, sehingga sangat memudahkan para pembeli dan penjual.

Selanjutnya Asep Suwarna, Direktur Utama Gaido Bank Syariah, menyampaikan tentang peran UKM dan digitalisasi.

“Acara ini tentu memberikan peluang bagi Gaido Bank Syariah, yang kebetulan memang menjadi lembaga keuangan mikro yang sangat dekat dengan UMKM sehingga dengan acara ini jadi lebih mendekatkan dan saling memahami yang dibutuhkan oleh masing-masing, terutama dalam penginputan dana tabungan. Program yang dimiliki oleh Gaido Bank Syariah tentu berharap dapat terserap dengan baik oleh UMKM.” Ujar Asep Suwarna.

Gaido Bank Syariah berencana ke depannya akan bekerjasama dengan Bank Indonesia dan QRIS supaya nanti kedua belah pihak sudah saling menguatkan dan saling menyediakan materi-materinya.

Dan diakhir acara diadakan simbolis penyerahan santunan paket sembako yang merupakan program “Berbagai Kebaikan Ramadhan” dari Gaido Foundation. Paket Sembako terdiri dari beras, mie instan, tepung terigu, minyak goreng, sarden, kecap, saos, teh celup, gula, garam, margarin, dan kurma.

Simbolis penyerahan paket sembako tersebut dilakukan oleh Asep Swarna selaku Direktur Utama Gaido Bank Syariah kepada Ustad Salman Al-Jabali, selaku Pimpinan PonPes Al-Kirom  dan juga oleh Bintang selaku Asisten Manager Bank Indonesia KpW Banten kepada Kyai, H. Jawari, selaku mubaligh dengna disaksikan oleh Muhammad Hasan Gaido selaku Founder Gaido Foundation.

“Gaido Foundation mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh donatur, semoga amal dan ibadah para donatur mendapatkan balasan pahala terbaik dari Allah Swt. dan menjadi kebaikan kita dan mendapatkan ganjaran surga-Nya. Semoga  di bulan Ramadan yang suci ini, semangat persaudaraan kita semakin kuat. Solidaritas kita kian teruji. Amiin.” Tutup Hasan Gaido.