FSPP GELAR BUKA BERSAMA DI KEDIAMAN KETUA DEWAN PERTIMBANGAN

0
162

HAJIUMRAHNEWS.COM-Beberapa kiai yang tergabung dalam Forum Silaturrahim Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten menghadiri acara silaturrahim dan buka bersama di Pondok Pesantren Modern Daar El Istiqomah kampus 1 Kesawon, pada Minggu (09/05) atau bertepatam pad 27 Ramadan 1442 H.

Nampak hadir dalam acara silaturrahim dan buka bersama di pesantren asuhan KH. Sulaeman Ma’ruf sebagai Ketua Dewan Pertimbangan itu, beberapa kiai pengasuh pesantren dan pengurus harian FSPP. Di antaranya, KH. Ikhwan Hadiyyin (pengasuh pesantren Daar El Azhar – Dewan Pertimbangan FSPP), KH. Anang Azhari Alie (pengasuh pesantren Al-Mizan – Ketua Presidium FSPP), KH. Sulaeman Efendi (pengasuh pesantren Manahijussadad- anggota Presidium FSPP), K. Samsul Ma’arif (anggota Presidium FSPP), KH. Shodiqin (anggota Presidium FSPP), KH. Muhammad Hasan Gaido (pengasuh Pesantren Sirojul Qori – Dewan Pertimbanhan FSPP), Dr. H. Fadlullah (Sekjend FSPP), Dr. Suhari dan H. TB. Rubal Faisal (sekertaris Dewan Pertimbangan FSPP)

FSPP sebagai organisasi yang menghimpun ribuan pesantren di Banten dengan berbagai modelnya (salaf, kholaf dan modern) mempunyai misi menjalin silaturrahim antar pesantren di seluruh pelosok Provinsi dengan basic saling membantu dan kemandirian

Dalam obrolan santai saat sebelum menikmati hidangan buka puasa Kiai Sulaeman bercerita, sambil mengenang masa-masa awal perjuangan sebelum Terbentuknya FSPP, dulu beliau bersama kiai Khudlori (pengasuh Ponpes Darul Falah Kopo) dan KH. Hasyimi Siraj (Pengasuh Ponpes Al-Hasyimiah) bertukar pikiran untuk mencari solusi bagaimana cara agar pesantren-pesantren di Indonesia secara umum dan khususnya di Banten bisa maju dalam segala bidang, terutama dalam mensejahterakan guru-gurunya. Tidak sampai di situ ketiga kiai itu juga memikirkan bagaimana agar pesantren mampu mendirikan mini market sebagai sarana pertahanan ekonomi pesantren dan sebagai penyuplai kebutuhan para santri dan dewan guru.

Dari berdirinya sejak tahun 2002 hingga saat ini tahun 2021 FSPP terus mengalami perkembangan dan kemajuan pesat. Di tahun awal berdirinya FSPP hanya beranggotakan 1.500 an pesantren dan tercatat hingga tahun 2021 ini lebih dari 4000 pesantren bergabung dalam organisasi pesantren ini, dengan misi utama dan mulia yaitu menjalin silaturrahim sinergiras antar pesantren se-Banten.

Saat ini Pondok pesantren telah memiliki undang undang pesantren yg di sahkan oleh DPR RI pada 24 september 2019 yg di hadiri oleh mentri agama saat itu lukman Hakim Saifuddin lahir nya undang undang tersebut tidak lepas dari para kiai pengurus dan anggota FSPP. Sekarang kita bangga memiliki tagline santri sehat indonesia kuat. Semoga hantaman fitnah keji di bulan suci kepada FSPP dari segelintir orang di bulan suci Ramdhan ini Allah berikan hidyah bertaubat dan kembali kepada jalan yg lurus bersinergi dan berkolaborasi bersama FSPP. (KM Channel Dakwah)