FSPP Banten, Santri Mart dan Bank Banten Adakan Rapat Sinergi Penguatan Ekonomi Pesantren

0
122

HAJIUMRAHNEWS.COM-Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Banten, Santri Mart dan Bank Banten mengadakan rapat sinergi program pengembangan Santri Mart di Pondok-Pondok Pesantren anggota FSPP pada Kamis sore (22/07) melalui Zoom Meeting.

Hadir dalam rapat ini, Ketua Presidium FSPP, K.H. Anang Azharie Alie, Direktur Utama Bank Banten, Agus Syabarrudin, Direktur Eksekutif Santri Mart, Hendra Hartono, Muhammad Hasan Gaido, Founder Gaido Foundation, Sekjen FSPP Banten, Dr. Fadlullah dan jajaran FSPP dan Bank Banten lainnya.

K.H. Anang Azharie dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan syukur atas kehadiran seluruh peserta rapat sinergi ini dan memaparkan latar belakang sinergi dan kolaborasi ini.

“Kolaborasi FSPP, Santri Mart dan Bank Banten ini adalah dalam rangka mendukung Program Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren, Ekonomi Syariah Berbasis Pondok Pesantren dan Komunitas, dan Ketahanan Pangan Berbasis Pesantren. Kami berharap semoga Bank Banten dapat menjadi mitra strategis FSPP dalam menyukseskan program ini.” Ujar K.H. Anang dalam sambutannya.

 

Selanjutnya, Agus Syabarrudin dalam sambutan menyampaikan Bank Banten menyambut hangat kolaborasi dengan FSPP dan Santri Mart ini.

“Kami pun senang bisa bersinergi dengan FSPP Banten dan Santri Mart. Kami sudah mempunyai produk dan jasa keuangan yang relevan sesuai dengan kebutuhan dalam membangun perekonomian pondok pesantren di masa mendatang. “ ungkap Agus.

Agus juga menyampaikan dalam situasi pandemik seperti saat ini untuk bisa menyelesaikan segala persoalan, kuncinya adalah sinergi, saling membantu satu sama lain. Tidak hanya pemerintah daerah, tapi juga harus didukung sektor perbankan, pengusaha, dunia pesantren, dan seluruh lapisan masyarakat.

“Bank Banten terus beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan nasabah di tengah pandemi, yaitu dengan semakin meningkatkan layanan digital. Hal ini tentu untuk mendukung daya saing dan memenuhi kebutuhan nasabah Bank Banten,” tutur Agus.

 

Hendra Hartono, Direktur Eksekutif Santri Mart dalam kesempatannya juga menyampaikan Santri Mart yang saat ini sudah ada di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound akan dijadikan prototype dan Sekretariat Pusat FSPP Banten menjadi Hub untuk gerai-gerai Santri Mart lainnya.

“Sehingga dasar-dasar sistem yang kuat akan mempermudah duplikasi Santri Mart di target-target lokasi yang akan kita kembangkan nanti. Didukung dengan training sumber daya insani yang intensif dan berkala. Terdekat kita segera adakan pertemuan dengan Ketua FSPP di 8 kabupaten dan kota dan dilanjutkan dengan semua pinpinan pondok pesantren yang terabung di keanggotaan FSPP” jelas Hendra.

Dalam diskusi ringan dalam rapat ini, Kyai Uung,  Kepala Departemen Ekonomi FSPP turut berkomentar tentang tindak lanjut program ini.

“Saya berharap ke depan Insyallah, kita memiliki produk unggalan sendiri, alhamdulillah saat ini sudah ada Beras Santri, dilanjutkan nanti dengan Minyak Santri, Gula Santri dan lain-lain. Sehingga Santri menjadi branding yang kuat di masyarakat..Santri kuat, Indonesia Hebat.” Ujar Kyai Uung

Seperti yang kita ketahui, pada 10 Mei 2021 bertepatan dengan 28 Ramadhan 1442 H. bertempat di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, Santri Mart telah diresmikan yang ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukaan oleh Ketua Presidium FSPP Banten, Drs. KH. Anang Azharie Alie, M. Pd. I., Kepala Dinas Disperindag Provinsi Banten, H. Babar Suharso, ST.,M.Si, dan Founder Gaido Foundation, Muhammad Hasan Gaido. (SAL)