Destinasi Wisata Alam Eksotis di Jayapura, Bukti Papua Tak Hanya Raja Ampat

0
43

HAJIUMRAHNEWS.COM — Meski sudah terkenal dengan keindahannya, Raja Ampat bukanlah satu-satunya destinasi wisata alam di Papua. Jika mau menjelajahi lebih jauh lagi, tentunya Anda akan menemukan berbagai tempat wisata yang selama ini mungkin belum terjamah.

Jika Raja Ampat berada di Kabupaten Papua Barat, maka cobalah untuk mengunjungi area yang lain, misalnya Kota Jayapura yang merupakan ibu kota dari provinsi Papua. Sebagai pusat kota, banyak hal menarik yang bisa kita temukan di sana. Dari mulai kawasan perkotaan modern hingga wisata alam yang eksotis.

Bagi yang senang mengeksplor wisata alam dan ingin menjejakan kaki di Jayapura, berikut rekomendasinya:

Danau Imfote

Danau Imfote juga dikenal dengan nama Danau Love karena bentuknya yang seperti hati. Bahkan, banyak juga orang yang menyebutnya sebagai Telaga Cinta. Bentuk unik danau ini akan semakin terlihat jelas bila kita memandangnya dari atas bukit di sekitarnya.

Danau Imfote berada di Kecamatan Ebungfau, suasana di sana sangat asri dan romantis, sebab danau dikelilingi dengan bukit yang menambah keindahan. Di danau ini, pengunjung biasanya sekadar bersantai menikmati pemandangan dan lokasi yang jauh dari hiruk pikuk, berfoto, atau berjalan-jalan di sekitaran bukit.

Teluk Youtefa

Teluk Youtefa menjadi salah satu destinasi wisata alam menarik di Jayapura. Pemandangannya begitu khas yaitu terdiri dari pulau-pulau karang yang menghiasi perairan dan memiliki hutan bakau sepanjang 200 meter dari garis pantai. Pohon-pohon bakau setinggi 7-12 meter di Teluk Youtefa membuat panoramanya semakin unik dan udaranya pun lebih teduh sehingga wisatawan bisa lebih betah berlama-lama di kawasan ini.

Di sana pun terdapat Jembatan Youtefa berwarna merah yang akan menambah pesona Teluk Youtefa. Selain itu, masih ada spot lain yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Hamadi. Bila ingin bersantai ria dan menikmati suasana yang tenang, lokasi ini jangan sampai terlewatkan.

Usai bersantai, pengunjung pun dapat menjelajahi kawasan pantai dan menemukan banyak objek peninggalan perang seperti puing tank hingga kapal perang. Perlu diketahui bahwa Pantai Hamadi merupakan pusat pertahanan tentara suku di Jayapura saat Perang Dunia II.

Dari Pantai Hamadi, ada pula Gunung Mher yang punya legenda asal-usul Suku Tobati dan Enggros. Kemudian, ada Tanjung Kaswari untuk menikmati pesona pantai dan deretan pohon cemara.

Pantai Tablanusu

Pantai Tablanusu berada di distrik Depapre dan di sana terdapat sebuah kampung nelayan seluas 230 hektare. Sebelum menjelajah pantai, tak ada salahnya mampir ke area pemukiman warga ini karena masyarakatnya sungguh hangat dalam menyambut kedatangan wisatawan.

Selain pantai, kawasan ini juga akan dimanjakan dengan wisata hutan, danau, sejarah, dan budaya. Pada dasarnya, kampung ini dikelilingi bukit dan hutan lebat, pun ada danau dengan air jernih dan banyak ditinggali ikan-ikan.

Nama Tablanusu sendiri sebenarnya berasal dari dua suku kata, tepara yaitu suku atau penduduk setempat dan onusu artinya terbenamnya matahari. Sehingga Tablanusu diartikan sebagai tempat matahari terbenam. Kawasan pantainya pun terbilang unik. Alih-alih berpasir putih bersih, di sana malah diselimuti batu koral hitam legam yang justru menjadi pesonanya tersendiri.

Danau Sentani

Nama Danau Sentani mungkin sudah cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia. Danau ini berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang luasnya mencapai 245.000 hektare. Secara lokasi, danau ini terbentang dari kota sampai ke kabupaten Jayapura.

Danau Sentani sendiri memiliki luas sekitar 9.360 hektare dan di sana terdapat 21 pulau kecil yang menghiasi area danau. Sumber daya alam di sana sangatlah kaya, sebab kita dapat menemukan berbagai spesies ikan air tawar dan beberapa di antaranya merupakan spesies endemik Sentani.

Di kawasan danau, wisatawan dapat mengunjungi Bukit Teletubbies yang biasa dikunjungi untuk menunggu momen matahari terbenam. Spot wisata yang tak kalah menarik adalah Tugu MacArthur. Bila naik ke tugu tersebut, kita dapat melihat panorama yang cantik dari atas bukit. Nama tugu ini berasal dari legenda perang dunia kenamaan dari Amerika Serikat yaitu Jenderal MacArthur yang disebut-sebut pernah tinggal di Danau Sentani.

 

Sumber: goodnewsfromindonesia.id