Bersiap Rayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H. Berikut Hadis Tentang Qurban dan Keutamannya

0
213

HAJIUMRAHNEWS.COM-Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah atau 2021 akan tiba dalam waktu dekat.

Meski pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) sendiri belum menentukan Idul Adha 2021. Dalam penentuannya, Kemenag akan melakukan sidang isbat dan waktunya akan diumumkan secara resmi nanti.

Istilah “kurban” berasal dari bahasa Arab, yakni “qariba” atau “qurbanan” yang artinya dekat atau mendekat. Jadi, maksudnya, kurban merupakan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, sekaligus mengandung hikmah saling tolong-menolong antara orang kaya dan miskin.

Oleh karena itu, orang balig, berakal dan mempunyai kelapangan harta dianjurkan mengerjakan ibadah kurban. Hal ini tergambar dalam sabda Nabi Muhammad SAW: “Barang siapa yang memiliki kelapangan [harta], sedangkan ia tak berkurban, janganlah dekat-dekat tempat salat kami.” (H.R. Ahmad, Ibnu Majah, dan Hakim).

Keutamaan berqurban juga disebutkan dalam hadits riwayat Imam at-Tirmidzi dan imam Ibnu Majah dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang paling dicintai Allah pada hari nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan qurban). Hewan itu nanti pada hari kiamat akan datang dengan tanduk, rambut dan bulunya. Dan pahala qurban yang menetes pada suatu tempat sebelum menetes ke tanah. Maka hiasilah dirimu dengan ibadah qurban.”

Menyembelih hewan kurban tentunya dilakukan sesuai kemampuan tiap muslim, sehingga tak perlu memaksakan diri bagi yang memiliki keterbatasan. Berikut hadist keutamaan kurban seperti dinarasikan Aisyah RA.

Artinya: Dari Aisyah, Rasulullah SAW berkata, “Tidaklah pada hari akhir manusia beramal suatu amalan yang lebih dicintai Allah SWT daripada mengalirkan darah dari hewan kurban. Ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku, rambut hewan qurban tersebut. Dan sungguh, darah tersebut akan sampai kepada (ridha) Allah SWT sebelum tetesan darah tersebut jatuh ke bumi, maka bersihkanlah jiwa kalian dengan berkurban.” (HR Ibnu Majah).

Orang yang berkurban atau sohibul kurban juga dianjurkan makan sebagian daging hewan kurbannya, kemudian sisanya disedekahkan dan dihadiahkan kepada orang lain. Hal ini sebagaimana diperintahkan oleh Allah dalam surah Alhajj ayat 28; “Makanlah sebagian dari daging kurban dan berikanlah kepada orang fakir.“

Sebagian ulama berpendapat bahwa daging kurban dibagi menjadi tiga bagian: sepertiga untuk orang fakir miskin, sepertiga untuk kerabat, tetangga, teman-teman meskipun mereka kaya, dan sepertiga untuk orang yang berkurban. Tetapi, ibadah kurban yang utama adalah menyedekahkan semuanya kecuali memakan sedikit daging itu untuk mendapatkan berkah ibadah kurban.

Pada Idul Adha 1442 Hijriyah ini, Gaido Foundation di bawah Yayasan Anak Shaleh Internasional (YASI) akan kembali mengadakan penyembelihan dan pembagikan daging qurban di beberapa titik lokasi di antaranya di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound di Serang, Kampung Kedung  Kalang Anyar di Lebak, Banten dan titik lain yang akan diinfo selanjutnya.

Founder Gaido Foundation, Muhammad Hasan Gaido menyampiakan bahwa penyembelihan hewan kurban oleh Gaido Foundation akan dilaksanakan pada hari ke 2, Idul Adha, yaitu pada Rabu, 21 Juli 2021 / 11 Dzulhijah 1442 H.

“Alhamdulilah, tahun ini selain dari keluarga besar Gaido Group juga ada hewan kurban titipan dari Azza Travel Singapore sebanyak 15 ekor kambing dan 1 ekor sapi, Gaido Corporation Pte. Ltd. sebanyak 2 ekor kambing dan selebihnya dari Indonesia 10 kambing, 1 ekor kerbau dan 1 ekor sapi.” Ujar Hasan Gaido.

Gaido Foundation merupakan bagian dari Mitra Baznas Banten dalam penerimaan dan penyaluran Ziswaf sesuai dengan Surat Keputusan 014/UPZ Baznas BTN/VI/2021 maka dalam momen Idul Adha ini Hasan Gaido mengajak kepada para Muzakki dan Donatur untuk ikut menyalurkan melaui Gaido Foundation dengan Nomor Rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 917.687.809 dan Nomor Rekening  Gaido Bank Syariah 113.010.1100  dan untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Epi Khunaifi (+62 878-8032-1876)