Baznas Banten-Gaido Group Kembangkan Budidaya Ikan Patin

0
88
Wakil Ketua III Baznas Banten Ace Sumirsa Ali (paling kiri) saat memberi makan ikan patin di Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Jumat 16 Juli 2021. Budidaya Patin ini kerjasama Baznas Banten dengan Gaido Group

HAJIUMRAHNEWS.COM-Dalam rangka pendayagunaan dana Zakat Infaq dan Sedekah serta upaya meningkatkan ekonomi mustahik, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten dan Gaido Group sepakat untuk melakukan kerjasama pengembangan budidaya ikan patin. Lokasi budidaya berada di Kampung Pasir Kidul, Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang. Sebagai permulaan telah ditebar sebanyak 9000 ekor anak patin dan diharapkan bisa dipanen dalam jangka waktu 4-5 bulan ke depan.

Ceo Gaido Group, Muhammad Hasan Gaido menjelaskan bahwa pasar ikan patin sangat prospektif dan menjanjikan baik di pasar lokal maupun nasional. Karenanya dia sangat yakin, para mustahik yang diberi kesempatan untuk budidaya patin akan mendapatkan benefit yang lebih besar ke depannya.

“Mustahik itu tak hanya diberi santunan berupa sembako, tetapi diberi pancing untuk bisa usaha lebih baik. Alhamdulillah kerjasama kedepan antara Gaido Group dengan Baznas Banten ini bisa menumbuhkan ekonomi para mustahik ke depan. Sebab di Gaido tidak hanya berdiri pemberdayaan bidang perikanan, namun juga masalah manajemen bisnis dan pemasaran,” ujar Muhammad Hasan Gaido ketika menerima kunjungan Baznas Banten, Jumat 16 Juli 2021.

Diungkapkan Hasan Gaido, pelan tapi pasti para mustahik di Banten harus berubah menjadi muzakki. Saat ini ada 15 warga miskin yang tergabung dalam kelompok budidaya ikan patin binaan Gaido Group. Mereka sebagian besar warga Kabupaten Serang, dan beberapa orang adalah warga Kabupaten Pandeglang.

“Kita bisa kolaborasi, antara Baznas Banten dengan Gaido Group. Baznas bisa bantu para tambahan modal bagi pembudidaya yang berasal asnaf fakir dan miskin. Kami dari Gaido siapkan manajemen, pemasaran dan penjualan serta perlengkapan budidaya, termasuk tenaga ahli perikanan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua III Baznas Banten Ace Sumirsa Ali mengaku sangat senang terhadap langkah Gaido Group dalam rangka melakukan pembinaan terhadap masyarakat lemah. Ini bentuk kepeduliaan yang perlu diapresiasi oleh semua pihak. Sebab kepekaan dan kepeduliaan adalah modal utama dalam mendorong kebangkitan zakat dan langkah pasti dalam membangkitkan kesejahteraan umat.

“Ini konsep pemberdayaan yang luar biasa. Semua terintegrasi, mulai dari budidaya, pemasaran dan permodalan. Lebih penting lagi adalah pendampingan dari instruktur yang ahli di bidang perikanan,” ujarnya.

Diketahui, selain ikan patin di kawasan Gaido Group tersebut juga telah ditanam sedikitnya 7.500 ikan nila dan 6.000 ekor ikan mas berbagai ukuran. Rencananya, ikan patin yang akan ditabur sebanyak 30.000 ribu ekor dalam sekali tanam. Semoga usaha ini berhasil. Aamiin (*)