Baznas Banten-Gaido Foundation, Persiapkan Pemotongan Hewan Qurban di Masa Pandemi

0
173

HAJIUMRAHNEWS.COM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten dan Gaido Foundation melakukan koordinasi intensif, pada Jumat (16/07) di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, Baros Kabupaten Serang. Hal ini dilakukan menindaklanjuti kesepakatan kerjasama antara Baznas Banten dan Gaido Foundation dalam rangka pemotongan hewan qurban pada Idul Adha 1442 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 mendatang. Menurut rencana, ada 27 ekor kambing, dua ekor sapi dan 1 ekor kerbau yang akan dipotong dalam rangka Idul Qurban oleh Gaido Foundation yang dikerjasamakan dengan Baznas Banten.

“Koordinasi ini penting, sebab Idul Qurban tahun ini bertepatan dengan masa Pandemi Covid-19 dan Pemerintah menerapkan keputusan PPKM Darurat. Tentu kita pastikan ibadah tetap bisa berlangsung dan protocol kesehatan dalam rangka pengendalian virus Covid-19 tetap berjalan,” ujar Muhammad Hasan Gaido, CEO Gaido Group saat menerima rombongan Baznas Banten di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua III Baznas Banten Ace Sumirsa Ali membenarkan apa yang disampaikan Muhammad Hasan Gaido. Menurutnya, sebagai lembaga resmi pemerintah yang membidangi filantropi, Baznas telah menyiapkan ketentuan teknis terkait dengan tata cara ibadah qurban di era pandemi. Karenanya, koordinasi teknis jauh sebelum pelaksanaan ibadah qurban perlu diintensifkan demi berlangsungnya ibadah namun tak melanggar protocol kesehatan.

“Gaido Group sudah menyerahkan hewan qurbannya kepada Baznas Banten melalui Gaido Foundation. Baznas Banten bersama Gaido Foundation telah sepakat untuk memotong hewan qurban-nya di sini, di Baduy Outbond. Kami kira ini sudah cukup representative karena ruang terbuka dan luas. Artinya secara protocol kesehatan penanganan Covid-19 ini dirasa aman. Tinggal nanti kita batasi jumlah petugasnya dan prangkat lain berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan lainnya,” ujar Ace Sumirsa Ali.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pengumpulan Zakat Infaq Sedekah dan Dana Sosial keagamaan Lainya (DSKL) di Baznas Banten, Ibu Yani Hudayani menjelaskan bahwa disamping lokasi tempat pemotongan hewan qurban, juga masalah teknis distribusi. Menurutnya, daging qurban yang akan dipotong di Gaido Group dipastikan tidak ada kerumunan dan didistribusikan dengan door to door ke rumah-rumah warga satu persatu.

“Selain sarung tangan, epron, faceshield, hairnet, masker dan sepatu. Tentu saja kami juga akan siapkan kantong plastic khusus dan teknis distribusinya kepada warga. Kita berkomitmen, ibadah qurban ini tidak melanggar prokes Covid-19,” ujarnya menambahkan.

Dari koordinasi tersebut diketahui bahwa jumlah hewan qurban yang akan dipotong sebanyak 27 kambing, 2 ekor sapi dan 1 ekor kerbau. Pelaksanaanya direncanakan hari Rabu, 21 Juli 2021. Hewan qurban sebanyak itu akan dipotong dan didistribusikan di dua tempat, yakni kawasan Baros Kabupaten Serang dan Kalanganyar Kabupaten Lebak. Pada hari itu, diketahui pula bahwa akan terdapat lebih dari 1000 paket daging qurban yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Menariknya, tak hanya daging yang diberikan melainkan juga sejumlah uang tunai kepada para penerima daging qurban dari golongan fakir dan miskin.

“Jika penerima daging ini faqir atau miskin, kami akan bantu tambahkan uang tunai buat beli beras dan bumbunya. Agar memakan daging qurban lengkap dengan nasi dan bumbunya,” terang ibu Yani.(*)