Pemerintahan Saudi Kerahkan Pelayanan ini untuk Jamaah Haji dan Umrah

0
167

HAJIUMRAHNEWS- Pemerintahan Arab Saudi pada Minggu (05/05) menyampaikan untuk kerahkan pelayanan para jamaah haji dan umrah selama bulan ramadhan. Sebanyak 10.000 karyawan untuk melayani para penziarah dan pengunjung Masjidil Haram, hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Kepresidenan Dua Masjid Suci, Abdurahman Al-Sudais mengingat jumlah jamaah meningkat saat bulan ramadhan.

Kementerian kesehatan Saudi juga mengerahkan lebih dari 11.000 staf medis dan memperkuat semua rumah sakit dan pusat kesehatan di Mekah untuk memperluas layanan kesehatan bagi para jamaah umrah dan pengunjung masjid suci.

Dalam ranah kebersihan pemerintahan kota Mekah juga mengerahkan sebanyak 11.825 petugas kebersihan berikut perlengkapannya untuk membersihkan Masjidil Haram dan area sekitaranya sepanjang waktu.

Palang merah Saudi telah mendirikan lebih dari 85 posko di Mekkah dengan dukungan sebanyak 1.365 personel dan 170 mobil ambulan. Dari perusahaan Air juga meningkatkan sebanyak 5% pemompaan air lebih banyak ke Mekah. Perusahaan negara itu memutuskan pengisian reservoir strategis di Mekah dan di tempat-tempat suci. Volume cadangan air bersih  di Mekah tahun ini mencapai 1.6 miliyar meter per kubik. Terjadi peningkatan 7% dibanding tahun lalu.

Sementara itu, kementerian transportasi juga mengerahkan seluruh bus umum untuk mengangkut sekitar 45 juta orang dari  dan ke kompleks Masjidil Haram.

Terakhir dalam bidang keamanan, Yahya Al-Akeel, komandan pasukan keamanan khusus Masjidil Haram, petugas keamanan juga dikerahkan untuk memantau para jamaah yang sakit jiwa, untuk diamanankan, serta memasang CCTV sebanyak 2.500 kamera monitor untuk keperluan pemantauan. (RM)