Pemerintah Qatar Desak Arab Cabut Secara Resmi Larangan Haji

0
248

HAJIUMRAHNEWS- Pemerintahan Qatar mendesak Arab Saudi untuk mencabut larangan bagi warga negara Qatar yang ingin melaksanakan ibadah haji. Karena larangan tersebut masih berlaku di tengah konflik antara dua negara Teluk Arab dalam dua tahun terakhir. Namun pemerintahan Arab Saudi mengumumkan bahwa dibukanya pendaftaran elektronik bagi warga Qatar yang ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah pada Kamis, (09/10) lalu.

Menurut Badan Pers Arab, Warga Qatar diizinkan  untuk tiba di Bandara Jeddah atau Madinah. Meski demikian Komite Nasional Hak Asasi Manusia Qatar mengatakan langkah baru itu sangat terbatas dan tidak memadai, karena perjalanan udara tetap terhambat. Demikian dengan satu-satunya pos perbatasan kedua negara yang telah ditutup selama hampir dua tahun.

Kementerian Islam Qatar juga menyerukan  penghapusan langkah-langkah yang dianggap diskriminatif terhadap penduduk Qatar, seperti pembatasan perjalanan yang membuat operator serta pemandu perjalanan ibadah tak dapat melakukan perjalanan ke Arab untuk mengatur jamaah dan memberikan bimbingan, padahal hal ini sangat penting  dilakukan oleh jamaah haji.

Padahal, September 2016, sebelum konflik berlangsung ada sekitar 12 ribu warga Qatar yang melaksanakan ibadah haji. Hingga para jamaah melakukan perjalanan individu untuk pergi haji. Hingga pada awal Juni 2017, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir melakukan blockade terhadap Qatar. Dengan alasan Qatar dianggap merusak dan memperburuk  stabilitas Timur Tengah degan menjadi pendukung Teroris, termasuk Ikhwanul Muslimin.

(RM)