Kemenag Minta Pemerintah Saudi Tambah Layanan Fast Track

0
500

HAJIUMRAHNEWS- Menteri Agama Lukman Hakim meminta Pemerintah Arab Saudi untuk menambah layanan fast track bagi jemaah haji Indonesia. Didampingi oleh Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis, serta Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Gunaryo, serta Kepala Bagian TU Pimpinan Khoirul Huda, Menag menyampaikan hal ini saat menerima kunjungan Duta Besar Arab Saudi, Esam di kantor Kemenag, Jakarta.

Kami berharap tahun ini setidaknya ada penambahan fast track satu atau dua embarkasi lagi yakni Solo dan Surabaya, bila tahun lalu fast track baru bisa dirasakan oleh jemaah haji Indonesia dari Embarkasi Jakarta saja,” Ungkap Lukman.

Dengan adanya layanan fast track ini, Menag mengaku jamaah Indonesia sangat terbantu dengan layanan fast track, selain nyaman saat menjalankan ibadah juga lebih menghemat waktu dan energi para jamaah. Selain dari pelayanan fast track ini, pelayanan lain seperti fasilitas akomodasi dinilai sangat baik.

Kami juga sangat mengapresiasi Pemerintahan Arab Saudi yang telah banyak melakukan perbaikan dalam pelayanan jemaah haji, mulai dari perluasan Masjid Al-Haram, perluasan hotel-hotel Mekkah-Madinah, serta penambahan fasilitas di Arafah,” kata Menag

 Terkait tanggapan tentang permohonan Menag tersebut Dubes menyampaikan akan segera mengkoordinasi dengan pihak terkait apakah memungkinkan adanya penambahan volume jemaah yang memperoleh fasilitas tersebut. hal ini disebabkan Saudi harus membagi layanan ini kepada negara-negara yang memiliki jamaah lebih dari 50 ribu jemaah, yakni Malaysia, Bangladesh, Pakistan, dan India.

(RM)