Studium Generale di UPI, Hasan Gaido Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha

0
782
Hasan Gaido mengisi kuliah umum atau studium generale di Fakultas Pendidikan Ekonomi Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Selasa (5/2/2020).

HAJIUMRAHNEWS – Muhammad Hasan Gaido, Founder dan CEO Gaido Group mengisi kuliah umum atau studium generale bertema “Membangun Bisnis Syariah untuk Kesejahteraan Umat” di Auditorium Fakultas Pendidikan Ekonomi Bisnis (FPEB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Selasa (04/02).

Kuliah umum ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. H. Eeng Ahman, M.S. selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik FPEB, UPI. Dihadiri juga oleh Dr.Drs. Jajang W. Mahri, M.Si, selaku Ketua Prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam dan antusiasme 425 mahasiswa yang memenuhi auditorium.

Jajang W. Mahri mengungkapkan motivasi diselenggarakannya studium generale ini dan berharap mahasiswanya mendapatkan ilmu dan pengalaman yang dibagikan oleh narasumber.

“Mahasiswa perlu mendapat insight tentang pengalaman pelaku bisnis yang sudah sukses di bidangnya sehingga bisa jadi role model khususnya sebagai pebisnis muslim Indonesia. Ada lika-likunya membangun bisnis dari nol lalu ada juga persepsi yang menganggap dunia bisnis  adalah bidang “kotor” untuk dijalani. Tentunya saya berharap mahasiswa kami bisa belajar dari Pak Hasan Gaido, figur yang telah terbukti sukses membangun bisnisnya dari nol dan beliau juga mencerminkan karakter pengusaha muslim yang kuat,” ungkap Jajang.

“Dalam kesempatan ini, saya mengajak para mahasiswa, siapapun dia, apapun latarbelakangnya, agar jangan takut dan ragu untuk menjadi pengusaha. Jadilah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, salah satu caranya adalah dengan menjadi pengusaha,” kata Hasan Gaido

Hasan Gaido menegaskan, sebagai seorang pengusaha, ia tak henti-hentinya untuk terus menularkan jiwa kewirausahaan kepada generasi muda, khususnya di kalangan msyarakat akademisi.

“Sehingga dari upaya ini akan lahir sejuta pengusaha yang siap dan berdaya saing yang kuat, karena ditopang dengan keilmuan dan praktek di lapangan,” kata Presiden Indoensia Saudi Arabia Business Council (ISABC) ini.

Sebagai seorang pebisnis yang komitmen untuk mengembangkan ekonomi syariah, Hasan Gaido telah meletakkan pondasi bisnis dalam perusahaannya yaitu dengan konsep Sistem Triangle yakni Operation and ProductSales and Marketing dan Administration and Finance. Ketiga divisi tersebut saling terkait dalam sistem yang dianut Gaido Group menjadi tanggungjawab seorang CEO atau pimpinan perusahaan.

“Konsep ini tak terlepas dari konsep iman bagi seorang muslim, yakni diitikadkan dalam hati, diucapkan dengan lisan dan dilakukan lewat perbuatan,” tegasnya.

SHasan Gaido mengisi kuliah umum atau studium generale di Fakultas Pendidikan Ekonomi Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Selasa (5/2/2020).

Selain Triangle, kata Hasan Gaido, ia juga meletakkan lima tahapan untuk menuju sukses. Di antaranya Well Planning (perencanaan yang baik), Clear Goal (target yang jelas), Strategy (cara yang digunakan), Solid Team (tim yang solid) dan Smart Personal (individu yang handal). “Inilah yang oleh Gaido Group dinamakan sebagai FiveSteps How to Get Success. Dimana kelima pilar tersebut mengacu pada rukun Islam, yakni Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa dan Haji,” katanya.

Hasan Gaido menegaskan, setidaknya itulah yang menjadi pondasi dan pilar-pilar yang menopang Gaido Group dalam menjalankan bisnisnya sebagai sebuah entitas bisnis memiliki visi mendunia dengan inovasi tanpa batas.

“Kini, Gaido Group tampil sebagai integrated syariah business corporate, dengan bidang bisnisnya meliputi keuangan syariah, haji khusus, umrah, halal travel, kawasan wisata halal, multimedia syariah, event organizer, kuliner halal, dan muslim lifestyle,” tegasnya.

“Kunci sukses dalam beriwirausaha bukan terletak pada besarnya modal, tapi kemauan kita dalam menjalankan usaha. Jadi mulai sekarang modal yang utama adalah diri kita sendiri,”

Dalam penutup kesempatan itu Hasan Gaido terus mengobarkan semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa sebagai agen of change lewat jargonnya “Hidup hanya sekali jadilah yang berarti, hidup adalah pilihan sukses atau sukses”. kata Hasan Gaido yang juga menjabat sebagai Ketua Bilateral Kadin Komite Timur Tengah.


Pemberian apresiasi kepada 14 mahasiswa berprestas dalam acara studium generale
“Membangun Bisnis Syariah untuk Kesejahteraan Umat” Auditorium FPEB, UPI, Selasa (5/2/2020).

Selain agenda utama kegiatan ini juga terdapat sesi pemberian apresiasi dari Prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam UPI kepada 14 mahasiswanya yang berprestasi dengan perolehan IPK di atas 3,8. Hasan Gaido juga tidak ketinggalan memberikan apresiasi ke pada mahasiswa berprestasi tersebut berupa tabungan Umrah BAF Syariah. (JJ/MRT)