Delegasi 13 Negara “World Village & Leadership Camp (WVLC) 2019” Ramaikan Banten

0
792

Hajiumrahnews.comWorld Village & Leadership Camp (WVLC) 2019 resmi dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Ir. Hj. Eneng Nurcahyati, pada Kamis, (12/9) di Kawasan Wisata Baduy Outbound, Serang, Banten.

Program camp kepemudaan skala internasional yang diinisiasi oleh Studec Fellowship (Studec International Group), Gaido Group dan Provinsi Banten ini dilaksanakan pada 12—15 September 2019  di dua lokasi ini pertama di area Baduy Luar, Desa Kenekes, Lebak dan kedua di Kawasan Wisata Baduy Outbound, Serang.

Dalam sambutannya, Eneng menyampaikan dukungan penuh dan pentingnya kegiatan ini khususnya bagi para peserta yaitu pemuda/i dan juga Provinsi Banten secara umum selaku tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini.

“Kami mengucapkan selamat datang bagi para peserta dan kami merasa sangat terhormat dan bangga bisa berkesempatan menerima dan melayani peserta World Village & Leadership Camp 2019 kali ini. Semoga rangkai kegiatan, beragam materi softskill dan juga wawasan budaya kearifan lokal masyarakat Baduy yang akan diajarkan, berjalan sukses dan berdampak bagi para peserta” ungkap Eneng.

“Saya berharap setelah kegiatan WVLC 2019 ini selesai, para peserta bisa menjadi duta kami untuk memperkenalkan semua potensi yang ada di Banten, khususnya pariwisata ke negara masing-masing,” tutup Eneng.

Muhammad Hasan Gaido, CEO Gaido Group sebagai salah satu inisiator kegiatan ini, yang juga hadir juga pada cara pembukaan, turut berbangga Banten dengan kekayaan sejarah dan nilai kerarifan lokal budayanya dapat menjadi tuan rumah penyelengaraan kegiatan internasional ini.

“Di tanah Banten, peserta akan belajar tentang kepemimpinan, kearifan lokal budaya, nilai keislaman, dan kerukunan yang menjadi ruh pemersatu kebangsaan kita,” ungkap Hasan.

Kesuksesaan penyelenggraan kegiatan ini tentunya pasti akan semakin meningkatkan citra Banten di mata internasional sebagai tuan rumah perhelatan internasional, sebagimana tahun sebelumnya, di Banten, tepatnya di Kawasan Wisata Baduy Outbound ini juga dilaksanakan kegiatan Muzakarah Pendekar Internasional 2018 yang diikuti pendekar dari 6 negara yaitu Amerika, Prancis, Belanda, Swiss, Uzbekistan termasuk Indonesia.

“Ajang ini akan semakin meningkatkan citra Banten sebagai provinsi yang kaya dengan keindahan alam dan budayanya sehingga menarik untuk dikunjungi. ” ujar Hasan yang juga menjabat Presiden Indonesia Saudi Arabia Business Council (ISABC) ini.

WVLC 2019 kali ini diikuti oleh lebih dari 40 peserta dari 13 negara termasuk Indonesia. Mereka berasal dari Bangladesh, Belarusia, Kosta Rica, Ghana, India, Indonesia, Malaysia, Paraguay, Philippines, Russian Federation, Timor-Leste (East Timor), Uzbekistan, dan Vietnam.

Tujuan utama World Village & Leadership Camp adalah memfasilitasi pemuda/i dari berbagai negara untuk berkumpul dan berdiskusi dengan para pakar kepemimpinan. Pendekatannya adalah budaya dan kearifan masyarakat setempat. Program ini juga diharapkan akan menghasilkan gerakan-gerakan baru berbasis lingkungan di negara asal para peserta.

Selama program, para peserta akan mendapatkan materi tentang kepemimpinan dari perspektif budaya yang disajikan dengan agenda sesi inspirational workshop. Juga membuat proyek pengembangan masyarakat, aksi sosial, pertukaran budaya, dan malam penghargaan. Semua sesi akan diselenggarakan dengan mengajak para peserta untuk bersikap seperti masyarakat setempat dengan tinggal di kamp warga Baduy, makan makanan seperti warga lokal, liwetan, dan juga sesi outbond yang menyenangkan. (Mrtz)