Buku Putih Moderasi Beragama, Kemenag Gelar Uji Sahih

0
219

HAJIUMRAHNEWS- Terkait Kajian Konseptual, Implementasi, dan Strategi Pengarusutamaan Moderasi Beragama, Kemenag menyelanggarakan Focus Group Discussion (FGD) di Jakarta. Kegiatan yang digagas oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama ini bertujuan untuk membedah draft “Buku Putih Moderasi Beragama” yang telah disusun oleh Tim Litbang Kemenag bersama dengan CONVEY-PPIM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lukman Hakim menyatakan apresiasinya terhadap penyelenggaraan forum ini, beliau juga selama empat tahun belakangan cukup serius menyuarakan pentingnya moderasi beragama.

Forum ini sekaligus dimaknai sebagai uj sahih. Karena kami ingin mendapatkan peneguhan sekaligus kritik untuk melakukan perbaikan draf buku yang telah disusun ini. sehingga buku ini  menjadi kesepatkatan bersama. Dan buku ini dapat kita gunakan bersama untuk menjawab permasalahan keagamaan yang ada,”  ungkap Menag pada pembukaan forum pada Kamis (16/05).

Sebelumnya. Kepala Bidang Litbang dan Diklat Kemenag Abdurahmman Mas’ud menyampaikan Buku Putih Moderasi Beragama ini menyedihkan definisi konseptual tentang apa yang dimaksud dengan moderasi beragama

Maksud utama forum ini adalah mendengarkan masukan tentang Buku Moderasi Beragama yang telah disusun,” Ujar Abdurahmman.

Kegiatan ini juga dihadiri sejumlah tokoh agama seperti Abdul Mu’thi, Richard Daulany, Uung Sendana Linggaraja, Ulil Absar Abdallah, dan Suhadi Sendjaja.

Selain tokoh dari enam agama, kami juga mengundang para penggiat kerukunan, peneliti LIPI, serta perwakilan Kementerian/Lembaga seperti dari Kemenkopolhukam, kemenko PMK, dan Bappenas,” lanjut Abdurrahman.

(RM)