Buka Puasa di Istiqlal Mengajarkan Berbagi dan Kebersamaan

0
35

HAJIUMRAHNEWS- Bulan Ramadhan Seperti biasa ribuan jamaah dan pengunjung memadati selasar masjid menjelang waktu berbuka puasa. Hampir setiap hari Masjid Istiqlal dipadati orang yang datang untuk berbuka puasa bersama. Panitia masjid menyediakan buka puasa gratis sebanyak 3.000 sampai 3.500 kotak untuk hari biasa. Pada hari Jum’at, Sabtu, dan Ahad jumlah kotak yang disediakan bertambah sebanyak 4.000 kotak.

Pengunjung yang berasal dari luar daerah juga banyak seperti Tanggerang, Bogor, dan Depok. Diantaranya mereka ada yang jamaah masjid, ada juga yang musafir, maupun tuna wisma  dan kaum duafa. Bahkan ada juga warga negara asing yang kebetulan berkunjung ke masjid Istiqlal dengan niat kedatangan yang bermacam-macam.

Berbeda dengan Ningsih (42), warga Ambon yang beru pindah ke Jakarta. Dia memanfaatkan momen ramadhan ini untuk berwisata religi bersama tiga orang anaknya pada Rabu (08/05).

sengaja bawa anak-anak kesini untuk belajar tentang berbagi dan kebersamaan saat Ramadhan,” ungkapnya sebagaimana dilansir dari Republika.co.id.

Ningsih dan ketiga anaknya duduk terpisah dari ribuan jamaah yang sejak pukul 17.00 WIB sudah disana. Mereka membawa bekal sendiri yang dibelinya di restoran cepat saji. Tiga putranya yakni Aldi (19), Aidil (8), dan Alfi (6), terlihat lahap menyantap menu buka puasa berupa ayam goreng dan nasi yang dibelinya.

Menurut Ningsih, dia sengajara mengajak ketiga anaknya yang baru datang dari Ambon itu untuk jalan-jalan sore ke Masjid Istiqlal sambil mengenalkan ibu kota. sambil menikmati buka puasa bersama dengan warga Jakarta, ibu empat anak ini mengaku bahwa ia ingin mengajarkan ke anak-anak bahwa di Jakarta banyak orang mampu tapi tidak pelit,, mau berbagi dengan yang lain, seperti Ramadhan ini.

Ningsih baru tiga bulan berada di Jakarta dan tinggal di kawasan Rawamangun, ikut suaminya yang pindah dinas. Sedang keempat anaknya masih menetap di Ambin baru hari itu ketiga putranya dan satu orang putrinya tiba di Jakarta.

Aldi Putra sulung Ningsih merasakan suasana berbeda saat buka puasa bersama di Masjid Istiqlal kesan yang dirasakannya adalah kebersamaan umat Islam yang begitu banyak.

Inilah pengalaman pertama saya buka puasa di Istiqlal. Rasanya kagum saja. lihat umat Islam bersama-sama menikmati buka puasa” kata Aldi, sambil menyantap makanannya. (RM)