Sambut HAB ke-73, Kemenag Akan Gelar Refleksi Kehidupan Beragama

0
57

509667

HAJIUMRAHNEWS – Ada rangkaian kegiatan yang berbeda dalam menyambut Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-73, yang jatuh pada 3 Januari 2019 mendatang. Salah satunya, diadakan gelaran Refleksi Kehidupan Beragama Indonesia, di penghujung tahun 2018.

Demikian disampaikan Kepala Biro Umum Syafrizal saat ditemui usai meninjau Bazaar DWP Kemenag dalam rangka HAB ke-73, di Jakarta.

Menurut Syafrizal, berbeda dari tahun sebelumnya, jelang HAB ke-73 kali ini, pihaknya akan menyelenggarakan refleksi akhir tahun yang akan dihadiri oleh tokoh lintas agama.

Menariknya, kata Syafrizal, tokoh-tokoh yang dihadirkan memiliki latar belakang yang berbeda.

“Tokoh lintas agama ini diambil dari pemuka agama, kelompok milenial, tokoh pers, hingga tokoh seni. Kurang lebih ada 100 orang yang kita undang,” ujar Syafrizal di Jakarta, Rabu (26/12).

Para tokoh tersebut, menurutnya, akan berbincang seputar kehidupan umat beragama selama setahun terakhir serta harapan untuk perbaikan di tahun akan datang.

“Kita berharap, ini akan menjadi masukan bagi perbaikan kinerja Kemenag di tahun mendatang,” tuturnya.

Acara yang akan dikemas dalam format diskusi ini, direncanakan berlangsung selama dua hari pada 28-29 Desember 2018, di Ancol, Jakarta.

Syafrizal menerangkan, rangkaian HAB Ke-73 yang mengusung tema ‘Jaga Kebersamaan Umat’ akan dibuka, pada Jumat, 28 Desember 2018.

“Pembukaan ditandai dengan senam masal yang akan dilaksanakan oleh ASN Kemenag. Sementara hari ini, Bazar DWP Kemenag mengawali rangkaian HAB ke-73,” tuturnya.

Kegiatan berbeda yang akan dilaksanakan pada gelaran HAB ke-73 adalah Ngobrol Santai ASN Kemenag. Kegiatan yang akan dilaksanakan tanggal 4 Januari 2019 ini akan mempertemukan seluruh pejabat dengan para ASN Kemenag.

“Nanti kita akan buka forum santai. Di sana ASN boleh mengeluarkan semua uneg-unegnya di hadapan para pejabat. Seluruh pejabat akan hadir, termasuk Para Menteri,” ujar Syafrizal.

Ia juga menerangkan, kegiatan rutin yang biasanya dilakukan dalam rangka meramaikan HAB Kemenag tetap akan berlangsung.

“Seperti biasa kita tetap akan upacara di tanggal 3 Januari, kemudian lomba olahraga dan seni. Penutupan HAB ke-73 akan dilaksanakan pada 11 Januari,” jelas Syafrizal. (*)

LEAVE A REPLY