Beginilah Cara Tour Leader Melayani Jamaah Umrah

0
306
Jamaah umrah Adzikra saat mengambil miqat di Bir Ali. (dok.ist)
Jamaah umrah Adzikra saat mengambil miqat di Bir Ali. (dok.ist)
Jamaah umrah Adzikra saat mengambil miqat di Bir Ali. (dok.ist)

HAJIUMRAHNEWS – Biro perjalanan haji dan umrah Adzikra pada Kamis (20/12) memberangkatkan jamaah umrahnya ke Tanah Suci dengan menggunakan Saudia Airlines dengan nomer penerbangan SV 821 yang terbang pada pukul 16.00. Rombongan umrah dibawah pimpinan Gunawan Surbakti itu tiba di Bandara Internasional Prince Muhammad bin Abdul Aziz,  Madinah pukul  23.50 waktu Arab Saudi.

Demikian sebagaimana yang dikabarkan oleh Gunawan Surbakti, seorang tour leader berkelas internasional kepada hajiumrahnews.com pada Rabu, (26/12) melalui aplikasi kirim pesan WhatsApp langsung dari Mekkah. “Alhamdulillah ini untuk kesekian kalinya saya diamanahi untuk memimpin rombongan jamaah umrah,” katanya.

Menurutnya, selama di Madinah, jamaah menginap di Hotel Jawharat Al Rasheed yang hanya berjarak 150 meter dari pintu 7 Masjid Nabawi. Keesokan harinya, jamaah dibawah bimbingan muthawif Ustadz Fahruddin langsung diajak berziarah ke makam Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) dan di Masjid Nabawi. Usai ziarah dan berdoa di Raudhah, jamaah melanjutkan ziarah ke komplek pemakaman Baqi yang ada di samping Masjid Nabawi.

Selanjutnya, kata Gunawan, pada hari ketiga, jamaah melakukan city tour ke Masjid Quba, Kebun Kurma, Masjid Qiblatain dan sekaligus ziarah kubur Makam para syuhada di Jabal Uhud. “Saat ziarah ke Jabal Uhud inilah, para jamaah begitu antusias mendengarkan kisah sejarah masa lalu terkait perkembangan Islam di masa Rasulullah yang diceritakan oleh Ustadz Fahruddin yang sudah tiga tahun lebih menjadi muthawif dari Adzikra,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Gunawan, selama perjalanan, jamaah juga mendapatkan banyak cerita-cerita Islam sebagaimana pengalaman dirinya tentang Eropa, Amerika, Canada, Russia, Jepang, Korea dan lainnya. “Rupanya mereka juga tertarik untuk mendengarkan pengalaman saya sebagai tour leader ketika mengunjungi negara-negara di Eropa. Alhamdulillah ini perjalanan umrah yang begitu menyenangkan,” katanya.

Gunawan menjelaskan, barulah ketika hari keempat, rombongan bersiap-siap menuju ke Mekkah untuk melakukan umrah dengan mengambil miqat di Bir Ali di bawah bimbingan ustadz Fahruddin. Setelah melakukan umrah dan memperbanyak ibadah di Masjidil Haram, keesokan harinya, di hari keenam jamaah diajak city tour dan ziarah ke beberapa tempat diantaranya ke Jabal Tsur, Padang Arafah, Jabal Rahmah, dan Jabal Nur.

jamaah umrah adzikra saat di jabal uhud
jamaah umrah adzikra saat di jabal uhud

“Di kesempatan ini, kami juga memberi kesempatan kepada jamaah yang ingin umrah lagi dengan mengambil miqat di Ji’ranah,” ucapnya.

Di Mekkah, kata Gunawan, sejak tiba hingga nanti jelang kepulangan, jamaah menginap di Hotel Azka. Di hari kedelapan, jamaah pun berkesempatan untuk mengunjungi peternakan unta dan berbelanja buah tangan di Jeddah.

“Dan sesuai jadwal, besok tanggal 27 Desember, jamaah akan bertolak kembali ke Jakarta menumpangi pesawat Saudia dengan penerbangan SV916 yang take off pukul 19.25 waktu Arab Saudi dan tiba di Jakarta pada tanggal 28 Desember pukul 09.00 pagi,” ujarnya.

Menurut Gunawan, sebagai seorang tour leader, khususnya jamaah umrah, musti bisa melayani, mendampingi sekaligus membimbing jamaahnya, mulai dari keberangkatan hingga tiba kembali di Tanah Air. Sehingga, jamaah pun merasa aman, nyaman dan menyenangkan selama perjalanannya. (hai)

LEAVE A REPLY