Baznas Serukan Dunia Peduli Uighur

0
59
Baznas Peduli Uighur
Baznas Peduli Uighur
Baznas Peduli Uighur

HAJIUMRAHNEWS – Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Arifin Purwakananta menyerukan kepada dunia untuk turut peduli dengan kondisi warga Uighur Xinjiang, Republik Rakyat Cina (RRC). Pasalnya, muslim Uighur saat ini tengah mengalami krisis kemanusiaan.

“Mari terus peduli dengan memberikan doa terbaik bagi saudara-saudara kita di sana,” kata Arifin Purwakananta saat menggelar aksi simpatik di Jakarta pada Rabu (19/12).

Menurutnya, aksi simpatik yang diinisiasi Baznas ini diharapkan dapat menggugah semangat dunia untuk mendukung Uighur sehingga dapat hidup dalam kondisi yang lebih baik.

Arifin menjelaskan, dalam laporan berbagai media baik nasional maupun internasional, masyarakat Uighur saat ini tengah mengalami banyak keterbatasan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Mulai dari anak-anak hingga lansia membutuhkan bantuan untuk memastikan kondisinya berada dalam kenyamanan.

Lebih lanjut, Arifin menyampaikan, sebagaimana diberitakan BBC, pada Agustus 2018, sebuah komite PBB mendapat laporan bahwa hingga satu juta warga Uighur dan kelompok Muslim lainnya ditahan di wilayah Xinjiang barat, dan di sana mereka menjalani apa yang disebut program ‘reedukasi’, atau ‘pendidikan ulang’. Pemerintah setempat dilaporkan membantah informasi ini.

Kemudian, Republika.co.id mengutip the New York Times (NYT) pada Minggu, (16/12) yang menurunkan laporan pencitraan satelit dan dokumen-dokumen resmi menunjukkan jumlah tahanan yang dikirimkan ke pabrik-pabrik terus bertambah.

Warga yang ditahan jadi sumber tenaga kerja paksa tak berbayar atau dibayar dengan upah rendah bagi pabrik-pabrik tersebut, kata Mehmet Volkan Kasikci, seorang peneliti di Turki yang mengumpulkan kesaksian dari para tahanan yang sempat ditemui keluarga mereka.

“Bertahanlah saudara-saudari di Uighur, kami akan membantumu, seru para amil bersama-sama,” seru para Amil Baznas dalam aksi tersebut.

Arifin menambahkan, Baznas berkoordinasi dengan berbagai pihak baik di Indonesia maupun lembaga internasional untuk memastikan kondisi terbaik di Uighur.

Sebelumnya, Baznas telah ambil bagian dalam berbagai krisis kemanusiaan di dunia, seperti yang terjadi di Myanmar, Suriah dan Gaza dengan mengajak partisipasi aktif masyarakat untuk membantu sesamanya.

Tahun ini Baznas mengirimkan bantuan ke kamp pengungsian warga korban krisis Myanmar Cox Bazar, Bangladesh berupa layanan dan fasilitas kesehatan. Selain itu, Baznas juga membantu para pengungsi Suriah yang telah tinggal bertahun-tahun dalam keterbatasan di Yordania. (hai)

LEAVE A REPLY