Flynas akan Layani Penerbangan Umrah dari Empat Kota di Indonesia

0
169

WhatsApp Image 2018-11-29 at 14.50.29HAJIUMRAHNEWS–Tak dimungkiri, animo masyarakat muslim Indonesia untuk menunaikan ibadah ke Tanah Suci dari tahun ke tahun terus meningkat. Terbukti di musim umrah 1439H/2018M, jumlahnya menembus 1 juta lebih jamaah atau meningkat sekitar 14,5 persen dari tahun sebelumnya. Wajar, jika banyak pihak menjadikan Indonesia sebagai pasar yang potensial.

Di antaranya adalah industri penerbangan yang menjadi moda transportasi utama dalam penyelenggaraan haji dan umrah. Salah satunya Flynas Airlines, maskapai penerbangan asal Arab Saudi yang mengumumkan akan terbang langsung (direct flight) dari empat kota di Indonesia.

Hal itu disampaikan SVP for Hajj & Umrah and Bilateral Agreements, Flynas Airlines, Ahmed S. Sultan dalam acara soft launching Flynas Indonesia, di Bandara Internasional Hotel, kawasan Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis, (29/11).

“Kehadiran Flynas diharapkan akan membantu kemudahan dan meningkatkan terhadap pelayanan umrah dan haji bagi masyarakat muslim Indonesia dengan terbang langsung dari empat kota yaitu Jakarta, Medan, Surabaya dan Makassar ke Madinah. Kemudian kembali dari Jeddah dengan armada pesawat Jumbo Jet Boeing 747-400,” katanya.

Menurutnya, kehadiran penerbangan langsung Flynas ke empat kota di Indonesia diharapkan juga akan turut meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Air (inbound), khususnya dari Arab Saudi dan negara-negara di kawasan Timur Tengah. Saat ini, Flynas selain melayani 17 rute penerbangan domestik di Saudi, Flynas juga memiliki jalur penerbangan di 53 kota tujuan internasional dan tidak kurang 1.000 jadwal penerbangan setiap minggunya.

Tentu saja, lanjut Ahmed Sultan, kehadiran Flynas Indonesia akan memberikan kemudahan bagi jamaah umrah asal Indonesia. Bukan itu saja, Flynas juga akan memberikan kemudahan bagi para jamaah umrah yang hendak melanjutkan penerbangan ke sejumlah negara seperti ke Turki, Mesir, Uzbekistan, Jordan, Uni Emirat Arab, India dan berbagai kota di negara-negara Afrika.

Ahmed Sultan menjelaskan, Flynas merupakan maskapai penerbangan Arab Saudi yang pada tahun 2007 dan mendapatkan ijin operasional di tahun yang sama. Sampai saat ini, Flynas dengan dukungan armada sebanyak 30 unit pesawat telah sukses menerbangkan lebih dari 32 juta penumpang. “Flynas akan memboyong 120 unit pesawat baru produksi Airbus A-320 Neo,” katanya.

Flynas juga merupakan maskapai penerbangan yang mengantongi izin operasional penyelenggaraan haji dan umrah dari Kerajaan Arab Saudi. Karenanya, dalam rangka memberikan layanan terbaiknya kepada jamaah haji dan umrah Indonesia, Flynas akan menyuguhkan layanan penuh selama penerbangan, termasuk sajian meal yang istimewa dengan menu nusantara.

Dalam kesempatan itu, Ahmed Sultan juga memaparkan, rekam jejak Flynas telah diakui banyak pihak. Sejak pertama kali mengudara hingga saat ini, Flynas telah meraih sejumlah penghargaan internasional di antaranya Skytrax Award for Middle East, Best Low Cost Airlines dan Middle East Leading Low Cost Airlines Award dari World Travel Award.

“Pada akhirnya, kami bangga dapat melayani Anda, para tamu Allah untuk menuju kota Suci, termasuk melayani Anda terbang ke kota-kota wisata dunia lainnya. At Flynas, we are all about you,” ujar Ahmed.

SVP for Hajj & Umrah and Bilateral Agreements, Flynas Airlines, Ahmed S. Sultan tengah melayani berbagai pertanyaan para pimpinan biro travel yang tengah meninjau pesawat Flynas yang bakal digunakan untuk penerbangan umrah pada pertengahan Desember mendatang, di area parkiran GMF Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (29/11)
SVP for Hajj & Umrah and Bilateral Agreements, Flynas Airlines, Ahmed S. Sultan tengah melayani berbagai pertanyaan para pimpinan biro travel yang tengah meninjau pesawat Flynas yang bakal digunakan untuk penerbangan umrah pada pertengahan Desember mendatang, di area parkiran GMF Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (29/11)

Sementara itu, CEO Arrayan Mubarak, Joko Asmoro dalam pemaparannya menjelaskan Flynas Indonesia akan melayani jamaah umrah dari empat kota yakni Jakarta, Medan, Surabaya dan Makassar langsung ke Madinah. Kemudian kembali lagi ke Tanah Air dari Jeddah langsung ke empat kota tersebut.

Rencananya, kata Joko, Flynas Indonesia akan memulai penerbangan perdana dari Jakarta pada 18 Desember mendatang. Untuk Surabaya akan dimulai pada 20 Desember, sedangkan Medan dan Makassar dijadwalkan terbang perdana pada 23 Desember. “Alhamdulillah, Flynas telah mengantongi ijin terbang dari pemerintah dan jadwal penerbangan pun sudah ada. Pesawat pun telah berada di Bandara Soekarno-Hatta sejak beberapa waktu lalu,” kata Joko.

Lebih lanjut Joko menjelaskan untuk penerbangan dari Jakarta, Flynas akan terbang tiga kali dalam seminggu yakni Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 10.30 dari Jakarta ke Madinah. Dimana pihaknya menyediakan program umrah 9 hari, 11 hari dan 13 hari. Jadwal penerbangan dari Surabaya setiap Rabu pada pukul 12.00 dan Kamis di pukul 16.00 WIB. Sementara untuk Medan dan Makassar dijadwalkan terbang setiap Minggu dan Senin pada pukul 06.00 dari Makassar dan pukul 10.15 dari Medan.

“Ke depannya, Flynas sangat memungkinkan untuk terbang setiap hari dari ke empat kota tersebut, mengingat pasar umrah di Indonesia begitu besar,” ujar Joko yang tercatat sebagai Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHRURI) ini.

Di acara soft launching yang dihadiri para pimpinan biro perjalanan haji khusus, umrah dan halal travel itu dilanjutkan dengan inspeksi ke pesawat milik Flynas berjenis Jumbo Jet Boeing 747-400 yang diparkir di kawasan GMF Bandara Soetta. Dalam kesempatan itu, seluruh peserta diajak untuk meninjau langsung pesawat dan merasakan berbagai layanan yang akan diberikan oleh Flynas. (hai)

LEAVE A REPLY