BPKH Persiapkan Penyelenggaraan Haji 2019

0
17

bcccf425-dbc7-470f-831c-a2ecfb7cc8b6

HAJIUMRAHNEWS – Dalam rangka persiapan ibadah haji 2019, Badan Penyelenggara Keuangan Haji (BPKH) beserta Komisi VIII DPR melakukan kunjungan ke kantor cabang BRI Bumi Serpong Damai (BSD), Kota Tangerang, Banten.

Dalam kunjungan itu, turut serta Kepala BPKH Anggito Abimanyu, Anggota BPKH Bidang Operasional A Iskandar Zulkarnain, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher dan beberapa anggotanya, Kepala Kanwil Kementerian Agama Banten.

“Kunjungan itu dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan bank penerima setoran dana haji,” ujar Anggito kepada hajiumrahnews,┬áSabtu, (24/11).

Menurut Anggito, calon jamaah haji tetap bisa membuka tabungan haji di bank-bank konvensional karena adanya Kantor Layanan Syariah (KLS).

Dalam kunjungan tersebut juga dilakukan simulasi (role play) penyetoran dan penandatanganan akad wakalah yang dilakukan oleh Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher. Secara umum, Ali Taher sendiri mengapresiasi atas persiapan penerimaan setoran dana haji.

8c5fd46f-74ec-4633-87a9-1387c58eee68

Akad wakalah sendiri telah diatur dalam pasal 6 ayat (2) UU No.34 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji, yaitu setoran BPIH dan/atau BPIH Khusus sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibayarkan ke rekening atas nama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dalam kedudukannya sebagai wakil yang sah dari Jamaah Haji pada Kas Haji melalui Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH.

Sedangkan ayat (1)-nya berbunyi: setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji BPIH dan/atau BPIH Khusus sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 huruf a diperoleh dari jamaah haji.

“Kewajiban menandatangani akad wakalah ini diperlukan untuk memastikan jamaah bersedia dananya dikelola oleh BPKH,” ujar Anggito lebih lanjut.

Menurutnya, jika tidak ada akad wakalah, maka dana itu akan menjadi tabungan biasa yang tidak bisa dikelola oleh BPKH. (*)

 

 

LEAVE A REPLY