Baznas dan Azealbirru Gelar Konser Kepedulian untuk Palu

0
36
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Azealbirru Pro menggelar acara konser Kepedulian untuk Palu di Hall Atrium Tamini Square, Jakarta Timur pada Minggu, (11/11).
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Azealbirru Pro menggelar acara konser Kepedulian untuk Palu di Hall Atrium Tamini Square, Jakarta Timur pada Minggu, (11/11).

HAJIUMRAHNEWS – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Azealbirru Pro menggelar acara konser Kepedulian untuk Palu di Hall Atrium Tamini Square, Jakarta Timur pada Minggu, (11/11). Konser ini diselenggarakan untuk menggalang donasi untuk membantu korban terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Kepala Divisi Retail Nasional Baznas, Fitriansyah Agus Setiawan mengatakan, Baznas melakukan semua cara yang bisa dilakukan dalam upaya membantu saudara-saudara yang menjadi korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Salah satu caranya adalah dengan menggelar konser amal di pusat keramaian.

“Baznas berharap, dengan semakin banyaknya masyarakat yang ikut membantu dan berdonasi, hal itu bisa membuat penyaluran bantuan kemanusiaan di Sulawesi Tengah bisa semakin luas. Saat ini tim kemanusiaan Baznas sendiri masih bertugas melayani para korban di Sulteng, pendistribusian logistik juga masih berjalan,” katanya.

Ia menambahkan, setelah terjadi gempa dan tsunami, Baznas langsung menerjunkan tim kemanusiaan di Sulawesi Tengah. Terdapat 10 pos pelayanan Baznas yang tersebar di beberapa titik di daerah Palu, Donggala, dan Sigi, pos-pos tersebut terdiri dari layanan kesehatan, dapur umum, masjid darurat, dan sarana air bersih saat ini, Baznas juga dalam program recovery di Sulawesi Tengah. Hunian sementara (huntara), dan sekolah darurat dibangun, serta rumah sakit lapangan didirikan.

Sementara itu, Event Organizer Azealbirru Pro, Epi Suliyati mengatakan, konser ini memang sengaja diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang menjadi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Pihaknya memilih bekerjasama dengan Baznas pada program ini karena menurutnya Baznas merupakan lembaga zakat pemerintah yang sudah terjamin profesional dalam pengelolaan zakat, terutama dalam penyaluran donasi kemanusiaan.

“Baznas itu kan badan amil zakat resmi langsung dari pemerintah, sehingga masyarakat yang ingin berdonasi merasa lebih aman dan percaya bantuan yang mereka berikan pasti tepat sesaran, program-program kemanusiaan Baznas di Sulteng juga jelas dan baik. Jadi kami bekerjasama dengan Baznas menggelar konser ini dan donasi yang terkumpul kami salurkan lewat Baznas,” katanya.

Ia menambahkan, deretan kelompok nasyid dan musisi ikut memeriahkan acara ini mulai dari Snada, Aleehya, Vocafarabi, Sincere Five, Pizzicato, Varsity Band, Freed Ghalib, Exsoul dan lain-lain. Murid-murid dari Sekolah Cendekia Baznas (SCB) juga turut memeriahkan dengan menampilkan tarian daerah, simulasi penanganan bencana juga diperagakan oleh tim Baznas Tanggap Bencana (BTB). Snada juga melakukan pelelangan barang yang hasilnya didonasikan untuk korban bencana Sulteng.

Seorang pengunjung, Mirwan Juncidi (38 tahun) mengatakan, ia sengaja datang ke acara konser kepedulian Palu ini bersama istri dan seorang anaknya untuk ikut memeriahkan dan melihat pertunjukan, sekaligus berdonasi. Menurutnya, ini juga bisa menjadi ajaran bagi anaknya tentang arti kepedulian terhadap sesama.

“Mudah-mudahan acara seperti ini, konser kepedulian seperti ini bakal terus banyak lagi tidak hanya Baznas dan Azealbirru Pro saja yang menyelenggarakan. Semoga donasi yang terkumpul bisa meringankan beban saudara-saudara kita di Palu, Donggala, dan Sigi,” katanya. (fir/hai)

Reporter: Firgi Nurdinsyah

Editor: Hayat Fakhrurrozi

LEAVE A REPLY