Baznas Gelar Pameran Kampung Zakat di Banten

0
39
salah satu stand pameran Baznas di kampung zakat zakat community devepment
salah satu stand pameran Baznas di kampung zakat zakat community devepment

HAJIUMRAHNEWS – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Kementerian Agama (Kemenag) dan para Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) menggelar pameran bertajuk Program Kampung Zakat Zakat Community Development (ZCD). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Le Dien, Kota Serang, Banten, pada Jumat, (9/11).

Anggota Baznas, Nana Mintarti mengatakan, Kampung Zakat merupakan kegiatan Kemenag bersama-sama dengan Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) nasional dalam mengatasi permasalahan rakyat yang berhubungan dengan bidang dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial kemanusiaan.

ā€œBaznas bersama Kemenag dan para LAZ saat ini sudah mengembangkan sebanyak tujuh Kampung Zakat. Di Banten sendiri, Kampung Zakat yang sudah berjalan berada di Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak,” katanya.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Banten, Suparman Usman, mengatakan, saat ini untuk program Kampung Zakat Ciladaeun sudah mulai dengan kegiatan pelatihan dan pengemasan untuk kelompok olahan pisang dan kelompok diversifikasi gula aren oleh Baznas Provinsi Banten.

Kampung Zakat melalui berbagai fasilitas kemudahan bagi masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan untuk memperoleh hak dasarnya dan mengangkat harkat dan martabat umat yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Ia menambahkan, program Kampung Zakat ini merupakan pilot project yang kedepannya akan dibentuk kembali kampung-kampung zakat lebih banyak di wilayah-wilayah lainnya. Usman juga berterimakasih kepada Kementerian Agama dan pemerintah daerah Kabupaten Lebak, serta Provinsi Banten, para pegiat zakat, dan para Lembaga Amil Zakat (LAZ) atas sinergi bersama membangun Kampung Zakat di Desa Ciladaeun.

Kegiatan expo itu sendiri, menyuguhkan pameran-pameran buku islami, menampilkan foto-foto kegiatan kampung zakat, dan produk-produk makanan hasil dari masyarakat di kampung zakat. Hadir dalam acara Expo Program Kampung Zakat, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Fuad Nasar, pejabat pemerintah daerah Provinsi Banten, dan Kabupaten Lebak, serta jajaran Baznas. (hai)

LEAVE A REPLY