Baznas Bantul Santuni 300 Santri Dhuafa di Hari Santri Nasional

0
40

WhatsApp Image 2018-10-31 at 2.47.50 PMHAJIUMRAHNEWS–Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bantul menyantuni ratusan santri dhuafa, pada Rabu (31/10). Pemberian santunan kepada 300 orang santri itu dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2018.

Ketua Baznas Bantul, Damanhuri mengatakan, ke-300 santri dhuafa ini berasal dari 10 lembaga pendidikan dan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Bantul.

“Harapan kami agar santri lebih besar hati karena dari kalangan dhuafa, meskipun dari kalangan kurang mampu, supaya mereka tetap semangat untuk belajar dari pondok maupun pendidikan formalnya,” ucapnya.

Selain santunan dari Baznas Bantul, ratusan santri juga mendapatkan tali kasih dari Baznas Provinsi DIY. Ke depan, Damanhuri berharap dengan adanya santunan ini para santri dhuafa bisa sebagaimana santri yang bukan dhuafa.

Mengingat belakangan ini, menurut Damanhuri ada pradigma atau kesan bahwa santri harus dari kalangan menengah atau ekonomi atas. “Ada semacam sekat-sekat yang membuat santri merasa minder atau pesimis untuk belajar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Damanhuri menerangkan, santri yang mendapat santunan ini, sebagaian diantaranya merupakan santri yatim, usia pelajar tingkat sekolah dasar (SD) hingga ada juga beberapa santri yang duduk di bangku sekolah atas (SMA).

“Biasanya mereka hanya mendapatkan santunan dari lembaga atau pihak bantuan lain. Hari ini Baznas Bantul sedikit membantu kasih sayang kepada mereka (para santri),” jelasnya.

Turut hadir dalam acara santunan bertema Berbagi untuk Generasi Cerdas itu Bupati Bantul, Suharsono, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul, Didik Warsito, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bantul, Edy Susanto serta Ketua Baznas DIY, Bambang Sutiyoso.

Dalam kesempatan ini, Bupati Shuarsono mengapresiasi program santunan yang dilakukan oleh Baznas. Bupati juga memberikan semangat dan motivasi kepada para santri untuk terus gigih belajar menimba ilmu, demi masa depan Bantul.

Ojo minder (jangan malu). Anak-anakku belajar sing rajin, sing tekun. Supaya membanggakan Bantul,” ujar Bupati. (fir)

Reporter: Firgi Nurdiansyah

Editor: Hayat Fakhurrozi

LEAVE A REPLY