Gaido Group dan Samaren Group Teken Kontrak 1,35 M Dollar di Ajang ITE 2018

0
598
Penandatanganan yang dilakukan oleh President Director PT Gaido Group, Muhammad Hasan Gaido dan President Director Samaren Group, Mr. Ayman Matouk Samaren itu disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, Dirjen PEN Kemendag, Arlinda di ajang TEI 2018 pada Sabtu, (27/10) di gelaran ITE 2018 di ICE BSD, Tangerang.
Penandatanganan yang dilakukan oleh President Director PT Gaido Group, Muhammad Hasan Gaido dan President Director Samaren Group, Mr. Ayman Matouk Samaren itu disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, Dirjen PEN Kemendag, Arlinda di ajang TEI 2018 pada Sabtu, (27/10) di gelaran ITE 2018 di ICE BSD, Tangerang.

HAJIUMRAHNEWS – Gelaran Trade Expo Indonesia tahun 2018 menjadi istimewa bagi PT Gaido Group. Pasalnya, PT Gaido Group sebagai salah satu anggota dari Indonesia Saudi Arabia Business Council (ISABC) yang turut dalam pameran dagang terbesar di Indonesia itu sepakat menjalin kerjasama dengan Samaren Group, kelompok usaha asal Madinah, Arab Saudi. Kesepakatan kerjasama dalam bidang trade, tourism, dan investment ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding antara kedua belah pihak pada Sabtu, (27/10) di gelaran ITE 2018 di ICE BSD.

Penandatanganan yang dilakukan oleh President Director PT Gaido Group, Muhammad Hasan Gaido dan President Director Samaren Group, Mr. Ayman Matouk Samaren itu disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, Dirjen PEN Kemendag, Arlinda, Direktur ITPC Jeddah, Gunawan dan sejumlah pejabat lainnya.

Hadir pula Direktur Utama PT Gaido Azza Darussalam Indonesia (Gaido Trravel&Tours), Edi Suyitno, Direktur Operasional PT BPRS Artha Fisabilillah Depi Rusnandar, Direktur Utama PT Bisnis Banten (Baduy Outbound) Nana Sujana, Direktur PT Banten Restaurant dan Katering (Banten Resto) Afifah Hilyati dan sejumlah mitra kerja Gaido Group lainnya.

Menurut Hasan Gaido, dalam MoU antara Gaido Group dengan Samaren Group, disebutkan kerjasama dalam bidang trade (perdagangan), tourism (pariwisata) dan investment (investasi). Dalam bidang Tourism misalnya, Gaido Group melalui unit usahanya Gaido Travel&Tours akan kerjasama dalam penyelenggaraan haji, umrah dan halal travel dengan menjadi provider visa umrah di Indonesia, joint operation hotel baik di Mekkah dan Madinah. Gaido juga akan menjadi penyedia katering untuk jamaah haji dan umrah serta menjadi tour operator untuk wisatawan dari Saudi dan negara Arab lainnya.

Untuk bidang perdagangan ekspor dan impor, Gaido Group melalui unit usahanya Gaido Citra akan kerjasama dalam hal ekspor dan impor, dimana Gaido Group menjadi eksportir kebutuhan makanan jamaah haji dan umrah di antaranya kopi, beras dan ikan ke Saudi. Gaido Group juga akan mengekspor kebutuhan fashion mulai dari sandal, sepatu dan baju. Sebaliknya, Gaido Group akan menjadi importir kurma dari Saudi ke Indonesia.

Sedangkan dalam bidang investasi, kedua belah pihak sepakat untuk joint operation pengembangan pabrik alumunium, Samaren Group menjadi mitra strategis dari Gaido Travel&Tours dalam pengembangan proses IPO. Samaren Group juga akan kerjasama dengan dalam pengembangan keuangan syariah Gaido Group melalui unit usahanya Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Artha Fisabilillah (BAF Syariah).

Masih dalam bidang investasi, kedua belah pihak juga sepakat untuk mengembangkan kawasan wisata halal Baduy Outbound yang selama ini dikelola oleh Gaido Group. Kemudian pembangunan rumah sakit terpadu dengan pendidikan. Gaido Group melalui unit usahanya PT Banten Restaurant dan Katering (Banten Resto) bersama Samaren Group akan mengembangkan Banten Resto di wilayah Saudi.

gaido samaren grupHasan Gaido yang ditemui di sela penandatanganan mengatakan bahwa apa yang dilakukan Gaido Group bersama Samaren Group adalah bukti nyata adanya hubungan kerjasama antara Indonesia dan Arab Saudi dalam rangka meningkatkan kerjasama ekonomi kedua negara yang sudah lama terjalin.

“Ini merupakan rangkaian dari semua kegiatan Gaido Group yang turut berkontribusi dalam kegiatan event internasional mulai dari ICCIA dan TEI 2018 kali ini, sebagai sebuah integrated syariah business coporate yang terus berupaya untuk memberikan yang terbaik kepada negeri ini dalam hal kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Saudi,” kata Hasan Gaido.

Hasan Gaido menambahkan, total nilai kontrak kerjasama antara Gaido Group dan Samaren Group berkisar US$ 1,35 miliar. (hai)

LEAVE A REPLY