Pengacara: Agen dan Mitra Abu Tours Harus Ikut Bertanggung Jawab

0
81
CEO abutours, Muh Hamzah Mamba menjalani sidang kasus penipuan umroh Abutours dengan agenda pemeriksaan saksi perkara yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut (JPU) yang berlangsung di Pengadilan Negeri Makassar, Jl Kartini Kecamatan Ujung Pandang.  Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Dapat Komisi dari Penjualan Umrah, Tim Hukum Abu Tours Nilai Agen dan Mitra Turut Bertanggung Jawab, http://makassar.tribunnews.com/2018/10/25/dapat-komisi-dari-penjualan-umrah-tim-hukum-abu-tours-nilai-agen-dan-mitra-turut-bertanggung-jawab. Penulis: Hasan Basri Editor: Mahyuddin
CEO abutours, Muh Hamzah Mamba menjalani sidang kasus penipuan umroh Abutours dengan agenda pemeriksaan saksi perkara yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut (JPU) yang berlangsung di Pengadilan Negeri Makassar, Jl Kartini Kecamatan Ujung Pandang.

HAJIUMRAHNEWS – Tim Hukum bos PT Amanah Bersama Ummat (Abu Tours dan Travel), Hamzah Mamba, tetap berkeyakinan kliennya akan bebas dari segala jeratan hukum yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Pasalnya, dakwaan JPU terhadap Hamzah Mamba dkk melakukan tindak pidana penipuan, penggelapan dan pencucian uang atas dana 96 ribu calon jamaah senilai Rp 1,2 triliun adalah keliru.

Menurut Kuasa Hukum Abu Tours, Hendro Saryanto, dirinya berkeyakinan bahwa perkara ini sebenarnya perkara perdata, karena didasari adanya suatu perjanjian yang kemudian terjadi wanprestasi.

“Namun demikian, jika pun dinyatakan terbukti, penegak hukum tidak boleh membebankan pertanggungjawabannya hanya kepada Hamzah, Nursyariah dkk,” ujar Hendro.

Hendro melanjutkan bahwa Abu Tours itu sebenarnya hanya menjual biaya umrah melalui agen dan mitra, bukan langsung ke jamaah.

“Mereka adalah ujung tombak marketing Abu Tours sebagai perpanjangan mengumpulkan dana jamaah dan mereka mendapatkan komisi dari hasil penjualan umrah langsung,” ujarnya.

Kasus yang menyeret Hamzah Mamba, istrinya dan dua tersangka lainnya masih dalam proses tahap persidangan. Para terdakwa menjalani persidangan digelar secara terpisah. Sidang Hamzah sudah memasuki agenda pemeriksaan saksi.

Sementara istri dan dua tersangka lainya baru memasuki pembacaan putusan sela yang bakal digelar pekan mendatang. (*)

 

LEAVE A REPLY