Riyadh Bank Tawarkan Cashless Money Bagi Jamaah Haji Indonesia

0
42
Dirjen PHU menerima cenderamata dari Riyadh Bank usai pertemuannya di Jakarta pada Selasa (23/10)
Dirjen PHU menerima cenderamata dari Riyadh Bank usai pertemuannya di Jakarta pada Selasa (23/10)

HAJIUMRAHNEWS –Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Nizar, menerima kunjungan dari Riyadh Bank. Dalam kunjungan tersebut, perwakilan Riyadh Bank menawarkan MADA Card. Kartu yang diklaim memiliki banyak fungsi dan bermanfaat bagi jamaah haji, di antaranya sebagai kartu transaksi keuangan sekaligus identitas elektronik jamaah.

“Riyadh bank menawarkan cashless money bagi jamaah haji. Nantinya living allowance jamaah akan diberikan dalam bentuk kartu debit khusus jamaah haji dan bisa digunakan untuk transaksi pembayaran di counter yang terhubung dengan jaringan MADA, ATM, termasuk untuk pembayaran dam,” kata perwakilan Riyadh Bank setelah diterjemahkan oleh Arsyad Hidayat, dalam pertemuannya dengan Dirjen PHU Nizar yang didampingi Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU, Direktur Bina Haji, serta beberapa pejabat eselon III dan eselon IV Ditjen PHU di Jakarta, Selasa (23/10).

Dalam kesempatan tersebut diterangkan pula bahwa MADA merupakan sebuah jaringan perbankan lokal Arab Saudi untuk transaksi keuangan seperti layaknya ATM Bersama di Indonesia. Kartu juga dapat menyimpan data identitas jamaah.

“Selain untuk kepentingan transaksi keuangan, nantinya kartu tersebut sekaligus akan menjadi kartu pengenal jemaah dan dilengkapi dengan RFID tags yang akan menyimpan informasi jamaah,” jelas Kepala Sub Direktorat Sistem Informasi Haji Terpadu (SIHDU), Moh Hasan Afandi.

Menurut Nizar, setelah menerima penjelasan dari Riyadh Bank, pihaknya menyambut positif dan akan mendiskusikan dengan Komisi VIII. Pasalnya, kata Nizar, keputusan akhir setelah mendapat persetujuan DPR. Sedangkan secara teknis bisa didiskusikan dengan Tim IT PHU. “Khusus terkait kerjasama perbankan harus berkonsultasi dengan otoritas Jasa Keuangan (OJK),” kata Nizar. (hai/ab)

LEAVE A REPLY