Petugas dan Jamaah Haji 2018 Serahkan Bantuan Rp 3,1 M untuk Korban Gempa Lombok

0
37
Direktur Bina Haji menyerahkan bantuan dari petugas dan jamaah haji 2018 untuk korban Gempa Lombok di Jakarta, Selasa (16/10)
Direktur Bina Haji menyerahkan bantuan dari petugas dan jamaah haji 2018 untuk korban Gempa Lombok di Jakarta, Selasa (16/10)

HAJIUMRAHNEWS – Direktur Pembinaan Haji, Khoirzi menyerahkan secara simbolis dana bantuan korban gempa bumi yang dihimpun dari petugas dan jamaah haji 1439H sebesar Rp 3,1 Miliar. Dana bantuan itu diterima oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) M Nur Kholis Setiawan di kantor Kemenag Lapangan Banteng, Jakarta, pada Selasa (16/10).

“Ini bantuan dari petugas dan jamaah haji 1439H. Ini menjadi bagian tak terpisahkan dari bantuan tali asih Kemenag untuk saudara kita di Nusa Tenggara Barat (NTB),” terang M Nur Kholis Setiawan usai menerima tersebut.

Menurutnya, ketika terjadi gempa di NTB, Menag meminta jajarannya untuk menghimpun dana tali asih. Ajakan ini juga disambut para petugas dan jemaah haji. Hasilnya, terkumpul dana sekitar Rp17,2 miliar, tiga miliar di antaranya dari petugas dan jemaah.

“Amanah dari petugas dan jemaah, dana ini akan digunakan untuk membangun masjid,” jelas Sekjen.

Sekjen mengaku sudah berkoordinasi dengan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag NTB. menurutnya, sudah ditentukan titik area pembangunan masjid. Nantinya, ada dua masjid yang akan dibantu, masing-masing satu miliar. Keduanya berlokasi di Lombok Utara dan Lombok Timur.

“Lombok Timur termasuk daerah kurang mampu. Masyarakat di sana sangat membutuhkan bantuan untuk membangun kembali masjid yang sudah rata dengan tanah,” terangnya.

Di Lombok Utara, kata Nur Kholis, ada masjid yang belum tersentuh bantuan. Kemenag sudah memberikan bantuan di salah satu kecamatan. “Nah ini masjidnya di kecamatan yang lain yang kondisinya juga roboh rata dengan tanah,” sambungnya.

Sementara dana yang Rp 1,1 miliar lainnya, kata Nur Kholis akan digunakan untuk merenovasi beberapa masjid di daerah Sumbawa. Sebab, korban terdampak bencana NTB tidak hnya di Lombok, tapi juga di Sumbawa.

“Beberapa titik sudah ditentukan. Nanti akan diputuskan apakah untuk sepuluh atau lima masjid di sana,” tuturnya.

Lebih lanjut Nur Kholis menambahkan, bantuan ini akan diserahkan oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin pada Rabu (17/10) besok di NTB. kemenag sebelumnya sudah menyalurkan sekitar Rp 7miliar. Sisanya, atau sekitar Rp 10 Miliar, akan diserahkan besok.

“Ini tentu bagian dari kebersaman kita di Kemenag. Total Rp 17,2 Miliar yang sudah terhimpun adalah sebuah angka yang sangat luar biasa, bentuk empati saudara kita, seluruh stakeholders Kementerian Agama. Ini yang tidak dimiliki kementerian lain,” tandasnya.

Sementara Direktur Bina Haji Khoirizi mengatakan untuk menindaklanjuti arahan Menag, pihaknya mengajak petugas dan jamaah untuk membantu saudara yang tertimpa musibah di NTB. “Alhamdulillah ajakan ini ditangkap dengan baik oleh petugas dan jemaah haji,” jelasnya. (hai).

LEAVE A REPLY