Dilepas Gubernur, Bandara Kertajati Mulai Berangkatkan Umrah Perdana

0
31
Pengalungan syal oleh Ridwan Kamil kepada dua jamaah asal Cirebon di area keberangkatan internasional Bandara Kertajati.
Pengalungan syal oleh Ridwan Kamil kepada dua jamaah asal Cirebon di area keberangkatan internasional Bandara Kertajati.

HAJIUMRAHNEWS – Bandara Kertajati Tasikmalaya akhirnya memberangkatkan jamaah umrah untuk pertama kalinya. Keberangkatan jamaah ini dilepas sendiri oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada Sabtu (13/10). Dengan begitu, secara resmi bandara ini melayani penerbangan internasional.

Ridwan mengaku bahwa dirinya bahagia karena akhirnya bandara baru dan cukup nyaman ini bisa memberangkatkan jamaah Umrah.

“Kita akan menerbangkan jamaah umrah dari Ciayumajakuning dan sekitarnya melalui Bandara Kertajati,” kata Ridwan Kamil.

Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait ikut hadir dalam momen bersejarah itu. Dia menjelaskan, Bandara Kertajati menjadi Bandara ke-11 di Indonesia yang melayani penerbangan umrah secara langsung ke Madinah.

Sebelumnya, Lion Air sudah membuka penerbangan menuju Madinah dari Pekanbaru, Makasar dan Solo.

“Untuk saat ini penerbangannya satu kali dalam satu minggu. Namun, ke depannya saya ingin Lion Air bisa melayani penerbangan jamaah umrah di setiap hari,” katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra menjelaskan, pengajuan slot penerbangan umrah dari Kertajati ini sebenarnya dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu minggu. Namun, untuk test market penerbangan diujicobakan satu kali dalam sepekan.

Secara bertahap, nantinya penerbangan menuju Madinah akan bertambah jika market penumpang terus mengalami peningkatan.

“Kita lihat dulu kondisi pasar dari yang kita coba seminggu sekali. Lion Air mengatakan sehari sekali. Tapi kalau saya harapannya malah sehari tiga kali,” tandas Virda.

Sementara, ratusan jamaah umrah yang diakomodir Biro Perajalanan Dream Tour dan DGI diterbangkan pesawat Lion Air. Pesawat jenis Boeing 737-800 max dengan kapasitas 800 seat itu lepas landas pukul 12.45 WIB. Pesawat akan transit di India untuk keperluan pengisian bahan bakar. Kendati demikian, jamaah tetap akan tiba di Madinah di hari yang sama. (*)

LEAVE A REPLY