Saudi Arabia Airlines (SAA) Buka Rute Baru dari Surabaya ke Jeddah

0
36

Saudi-Arabian-Airlines_Saudia

HAJIUMRAHNEWS – Maskapai penerbangan Saudi Arabian Airlines (SAA) terus menambah rute perjalanannya. Setelah sebelumnya memiliki rute Surabaya-Madinah sejak 2014 lalu, kini SAA membuka rute baru dari Surabaya-Jeddah.

Menurut Nawaf Al Jakthami, AVP International Sales SAA, Rabu (10/10/2018), rute baru Surabaya-Jeddah itu dibuka secara reguler, dengan frekuensi 4 kali seminggu di bulan Oktober 2018 ini.

Penambahan rute ini tak lepas dari pasar orang Indonesia yang bepergian ke Arab Saudi tidak pernah surut. Khususnya adalah mereka yang melakukan perjalanan ibadah umrah, di luar musim Haji.

Secara bersamaan, selain Surabaya-Jeddah, juga dibuka rute Medan-Jeddah dengan frekuensi dua kali seminggu.

’’Mengingat potensi pasar yang besar, kami tingkatkan kapasitas ke Indonesia,’’ ujarnya lebih lanjut.

Saat ini, SAA melayani 24 penerbangan selama seminggu dari Riyadh, Madinah, dan Jeddah ke Jakarta. Untuk rute baru ini, pihaknya menggunakan pesawat Boeing 777-300. Untuk rute Jeddah–Surabaya, pihaknya mengoperasikan Boeing 747-400.

“Ke depan, kalau ada peningkatan permintaan, kami tambah frekuensi dan kapasitas untuk rute baru ini,’’ ujarnya.

Dalam layanan baru itu, pasar yang bakal digarap adalah penumpang yang melakukan ibadah keagamaan dan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Menurut Nawaf, rute baru tersebut tidak hanya memfasilitasi penumpang domestik untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, tetapi juga memungkinkan para turis dari Arab Saudi dan wilayah-wilayah sekitarnya berkunjung ke Indonesia.

’’Jadi, ini sangat potensial untuk mendatangkan inbound,’’ paparnya.

Saudia Country Manager Indonesia, Australia, & New Zealand, Ala Omar Jefri menyebutkan, secara rata-rata tingkat keterisian untuk seluruh rute penerbangan dari atau ke Indonesia pada tahun lalu tercatat 80 persen. Untuk rute baru tersebut, pihaknya optimistis respons pasar akan positif.

’’Target kami selama tiga bulan ke depan sekitar 90 persen,’’ tambahnya.

Selama dua tahun terakhir, Saudi mencatat pertumbuhan jumlah penumpang dua digit. Hingga sekarang, rute penerbangan Saudi sudah menjangkau 90 destinasi di seluruh dunia dengan dilayani 155 pesawat terbang, baik berbadan kecil maupun besar.

Targetnya, pada 2020, jumlah armada bisa tumbuh menjadi lebih dari 200 pesawat. Dengan dibukanya penerbangan Jeddah-Surabaya ini, diharapkan juga dapat menguntungkan Surabaya maupun Jawa Timur. Karena dikatakannya, dapat mendatangkan turis atau wisatawan dari luar negeri.

“Jadi dengan adanya reguler, orang Eropa bisa langsung lewat Jeddah ke Surabaya, orang Amerika juga. Selain itu, orang orang Arab juga bisa menjadi turis yang cukup tinggi buat Jawa Timur,” pungkasnya. (*)

 

LEAVE A REPLY