Madinah Iman Wisata Tawarkan Nilai Tambah Wisata Muslim ke Eropa

0
238
Peserta Wisata Muslim Eropa yang tergabung dalam Madinah Iman Wisata Tour&Travel
Peserta Wisata Muslim Eropa yang tergabung dalam Madinah Iman Wisata Tour&Travel

HAJIUMRAHNEWS–Memang, harus diakui, akhir-akhir ini ada banyak tawaran menarik untuk jalan-jalan ke Eropa. Pastinya, tawaran menggiurkan itu bukan hanya soal akomodasi dan destinasi wisatanya, tapi juga program kegiatan selama travelling. Dan kepastian masakan halal dan pelaksanaan sholat di masjid, tentunya menjadi program yang tidak boleh diabaikan.

“Setidaknya itulah menjadi pegangan Madinah Iman Wisata, biro perjalanan haji dan umrah yang saat ini menggulirkan program baru yakni wisata muslim ke Eropa Barat,” kata CEO PT Madinah Iman Wisata, Didik Aryanto, kepada hajiumrahnews.com, di Jakarta, Rabu, (10/10).

Menurutnya, program baru ini memiliki nilai tambah, bukan hanya jaminan masakan halal dan sholat di masjid-masjid di Eropa, tetapi penelusuran perkembangan Islam di Eropa dan pertemuan dengan komunitas Islam di sana serta upaya berdakwah melalui pengejawantahan nilai-nilai Islam di bumi Eropa.

“Banyak muslim travelling ke Eropa namun melupakan yang paling substansial yaitu mengambil nilai positif perkembangan Islam di Eropa langsung dari kaum muslimin di sana sebagai pengetahuan dan motivasi beragama bagi kita yang tinggal di tanah air,” katanya.

Pengajian bersama Ustadz Enha di Masjid PPME Al Ikhlas, Amsterdam
Pengajian bersama Ustadz Enha di Masjid PPME Al Ikhlas, Amsterdam

Didik menyontohkan, seperti dalam kunjungan wisata jamaah Madinah Iman Wisata ke beberapa destinasi di Eropa Barat misalnya, pihaknya menyempatkan untuk melawat ke markas PPME (Perhimpunan Pemuda Muslim se-Eropa) yang berlokasi di Jalan Van Gentstraat 140, 1171 GN Badhoevedorp, Netherlands yang berbatasan dengan Kota Amsterdam.

Dalam pertemuan itu, kata Didik, selain mendapatkan informasi mengenai Islam di Amsterdam dari pengurus PPME Al Ikhlas. Peserta juga ikut mengaji bersama dalam pengajian di bawah bimbingan Ustadz Nurul Huda Haem (Ayah Enha), pengasuh Pesantren Motivasi Indonesia yang ikut bersama dalam rombongan Madinah Iman Wisata.

Didik menambahkan, tampak dengan jelas, antusiasme masyarakat Indonesia di Amsterdam pada hari itu begitu tinggi. Hal ini terlihat dari kehadiran mereka yang memenuhi ruang ibadah di PPME Al Ikhlas. Sebelum pengajian dimulai digelar doa bersama dan ramah tamah dengan suguhan masakan Soto Ayam yang langsung dimasak oleh ibu-ibu PPME Al Ikhlas.

“Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di Amsterdam, pertemuan semacam ini menjadi momentum lepas kangen, maka mereka menyambutnya dengan antusias, apalagi ada pengajian bersama Ustadz Enha yang dua tahun lalu sempat mengisi kajian Ramadhan selama satu bulan di PPME,” kata Didik menambahkan.

Di samping itu, nilai tambah lain yang diberikan Madinah Iman Wisata adalah penelusuran jejak keislaman, salah satunya napak tilas jejak sejarah Islam di Eropa, mulai dari masuknya Islam di Spanyol hingga periode keruntuhannya. “Ustadz Enha menyampaikan sesi sejarah ini secara detail di dalam bus maupun saat kunjungan ke Notredame, sehingga kita mengerti bahwa peninggalan manuscript Islam kuno masih tersimpan di gereja tua yang kini menjadi destinasi wisata paling ramah di Kota Paris,” kata Teuku Zulkifli, salah seorang peserta Tour.

Jamaah Madinah Iman Wisata foto bersama usai mengikuti pengajian bersama ustadz enha
Jamaah Madinah Iman Wisata foto bersama usai mengikuti pengajian bersama ustadz enha

Manifestasi dakwah

Bukan hanya itu, sebagai manifestasi dakwah di negeri Eropa, seluruh peserta tour Madinah Iman Wisata selalu diingatkan untuk menampilkan nilai-nilai Islami seperti disiplin dalam menyebrang jalan, menjaga keramahan sikap, menjaga kebersihan dan memulai salam untuk menambah persaudaraan kemanusiaan.

“Secara budaya kita berbeda, tapi mereka klien saya yang membantu pekerjaan saya, saya respect sekali,” tulis Pedro Patricio di akun facebooknya, saat mengunggah foto peserta tour sedang sholat berjamaah di Masjid PPME Al Ikhlas, Amsterdam sembari

Tak lupa Pedro juga menyebut rombongan Madinah Iman Wisata adalah group yang sangat ramah dan disiplin pada aturan yang ada di negeri Eropa.

Sementara Direktur Operasional PT Madinah Iman Wisata, Saipul Bahri menyampaikan pihaknya menganggap bahwa nilai tambah semacam ini perlu dijadikan pertimbangan penting bagi siapapun yang ingin mengikuti wisata ke Eropa. Sebab, hal ini menjadi momen strategis memperkenalkan nilai-nilai Islami di negara mereka.

“Terutama dalam menyikapi sebagian kecil kaum rasis di Italia saat memandang perempuan berjilbab, kita tidak membalasnya dengan arogan tetapi dengan prilaku yang menawan,” kata Saipul Bahri. (hai)

LEAVE A REPLY