AMPHURI Peduli Serahkan Bantuan Rehabilitasi Masjid untuk Gempa dan Tsunami Palu

0
148
Ketua Umum AMPHURI Joko Asmoro, didampingi Ketua AMPHURI Sulampua, Azhar Gazali, Ustadz Zacky Mirza dan Kepala Cabang Bank Muamalat Palu, Bambang Haryo Nugroho menyerahkan sumbangan rehabilitasi masjid korban gempa dan Tsunami Palu-Donggala secara simbolis kepada Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo atau lebih dikenal Pasha Ungu, di Palu, Selasa (9/10).
Ketua Umum AMPHURI Joko Asmoro, didampingi Ketua AMPHURI Sulampua, Azhar Gazali, Ustadz Zacky Mirza dan Kepala Cabang Bank Muamalat Palu, Bambang Haryo Nugroho menyerahkan sumbangan rehabilitasi masjid korban gempa dan Tsunami Palu-Donggala secara simbolis kepada Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo atau lebih dikenal Pasha Ungu, di Palu, Selasa (9/10).

HAJIUMRAHNEWS–Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) melalui proragm AMPHURI Peduli menyerahkan bantuan untuk rehabilitasi masjid yang terkena dampak gempa tsunami Palu-Donggala. Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) AMPHURI, Joko Asmoro kepada Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo, di rumah dinasnya yang dijadikan posko bencana, pada Selasa, (9/10).

Menurut Joko Asmoro, dalam sambutannya mengatakan, sebelumnya AMPHURI Peduli telah menyalurkan bahan makanan dan memberikan bantuan Trauma Healing yang dilakukan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AMPHURI Sulampua (Sulawesi, Ambon, Papua) dua hari pasca kejadian gempa. Pada kesempatan ini, AMPHURI PEDULI kembali hadir untuk memberikan bantuan rehabilitasi masjid agar segera bisa difungsikan kembali masjid yang terkena dampak bencana yang ada di Palu.

“Setelah beberapa hari lalu AMPHURI hadir untuk menyalurkan bantuan logistik berupa makanan, obat-obatan dan keperluan lainnya, maka hari ini kami bersama teman-teman sahabat AMPHURI didampingi Ustadz Zacky Mirza yang juga ikut terjun dalam penanganan trauma healing di beberapa titik, dan kesempatan ini kami menemui Pak Wakil Walikota untuk menyerahkan bantuan ini,”  kata Joko Asmoro yang didampingi Ketua DPD AMPHURI Sulampua, Azhar Gazali, ustadz Zacky Mirza dan Kepala Cabang Bank Muamalat Palu, Bambang Haryo Nugroho.

Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo atau yang lebih dikenal dengan sapaan Pasha Ungu menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada AMPHURI yang telah berinisiatif untuk mengalokasikan bantuannya untuk rehabilitasi masjid. “Selama ini memang kami masih fokus untuk keperluan logistik masyarakat korban gempa dan tsunami, Insya Allah kami akan berkordinasi dengan pihak terkait atas upaya yang dilakukan AMPHURI,” kata Pasha.

Dalam pertemuan itu, Pasha juga menuturkan, belum juga kering air mata negeri akibat bencana gempa bumi yang melanda pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), gempa berkekuatan 7,4 pada Skala Richter dan disusul tsunami menerjang Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi dan Parigi Moutong Sulawesi Tengah, sepuluh hari lalu.

“Saya sendiri tadinya tidak tahu, kalau gempa yang terjadi ini lalu disusul tsunami,” kata Pasha yang diakuinya, 45 menit sebelum kejadian bencana itu dirinya dan Walikota Palu, Hidayat masih meninjau persiapan kegiatan Festival Budaya Nusantara yang digelar di Pantai Talise, Palu.

Sementara ustadz Zacky Mirza yang datang khusus untuk menemui Pasha di kediamannya itu tak henti-hentinya menguatkan sahabatnya itu untuk tetap tegar dan sabar menghadapi musibah ini. Secara khusus, di akhir pertemuan, Pasha meminta kepada ustadz Zacky Mirza untuk memimpin doa agar dirinya dan masyarakat Kota Palu yang menjadi tanggungjawabnya, serta seluruh masyarakat Sulawesi Tengah tetap optimis dan bangkit kembali.

Pasha Ungu tampak khusus berdoa yang dipimpin oleh Ustadz Zacky Mirza.
Pasha Ungu tampak khusus berdoa yang dipimpin oleh Ustadz Zacky Mirza.

“Kalau boleh saya minta kepada Allah, cukuplah kejadian gempa dan tsunami ini hanya di Palu,” kata Pasha yang diamini ustadz Zacky.

Di akhir pertemuan, Ketua DPD AMPHURI Sulampua, Azhar Ghazali menyampaikan terimakasih atas kesediaan Pasha selaku wakil walikota yang selalu siap dan menerima dari berbagai kalangan terkait bencana ini. Menurutnya, AMPHURI dengan tagline-nya “Bangkit Melayani” melalui gerakan AMPHURI Peduli akan terus siap membantu untuk membangkitkan kembali semangat hidup warga Sulteng yang terdampak gempa dan tsunami.

“Terimakasih atas segala bantuan, dan memang rumah ini saya jadikan posko logistik untuk penanganan bencana, semua tercatat oleh kami, segala bantuan yang masuk ke kami, insya Allah, dengan dukungan doa, moril maupun materil, kami warga Palu dan Sulteng pada umumnya, akan tetap optimis bangkit,” timpal Pasha.

Seperti diketahui, AMPHURI yang saat ini beranggotakan lebih dari 337 perusahaan biro travel penyelenggara haji dan umrah yang tersebar di seluruh Indonesia, sejak dua hari pasca kejadian gempa dan tsunami telah turut meringankan beban warga di Sulteng yang terdampak gempa dan tsunami. (hai)

LEAVE A REPLY